nusabali

Penggak PKK Gelar Peduli Warga Terdampak Covid-19 di Tampaksiring

  • www.nusabali.com-penggak-pkk-gelar-peduli-warga-terdampak-covid-19-di-tampaksiring

GIANYAR, NusaBali
TP-PKK Provinsi Bali bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Gianyar mengadakan program “Penggak PKK” untuk membantu 50 warga kurang mampu terdampak Covid-19 di Kecamatan Tampaksiring, Gianyar.

Kegiatan ini dihadiri Ketua TP-PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster, didampingi Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, di Wantilan Pura Dalem, Desa Tampaksiring, Senin (15/6).

Ny Putri Koster pada kesempatan itu mengatakan Penggak itu seperti warung kaki lima dalam budaya tradisional Bali, semua barang ditata di atas meja. Begitu pula dalam Penggak kali ini, bantuan sembako seperti beras, gula, sayur, minyak, telur, bumbu dapur, dan lain-lainnya ditata di atas meja dan warga penerima bantuan bisa langsung mengambilnya. “Penggak ini merupakan wujud kepedulian kita pada warga kurang mampu yang terdampak pandemi. Program ini dibentuk dengan semangat bergotong royong, murni urunan dari TP-PKK Provinsi Bali dan kabupaten/kota, dan para donatur untuk memberikan sembako pada warga terdampak,” kata Ny Putri Koster.

Ny Putri Koster mengakui melalui kegiatan itu TP-PKK berkesempatan langsung bertemu dengan warga. Hal ini pula harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk menumbuhkan kasih sayang guna lebih meningkatkan kepedulian kepada sesama, khususnya warga kurang mampu. Pada kesempatan itu, Ny Putri Koster juga menyerahkan bantuan dari TP-PKK Provinsi Bali berupa bibit tanaman untuk program Hatinya PKK, 500 masker, dan VCD untuk kepala desa setempat. Istri Gubernur Bali Wayan Koster ini mengingatkan kepada seluruh warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ketua TP-PKK Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra menyambut baik program inovasi Penggak PKK dari TP-PKK Provinsi Bali. Karena program ini dapat meningkatkan peran PKK peduli kepada warga terdampak Covid-19. “Ini murni urunan dari kita, tidak memberatkan pemerintah. Ini merupakan salah satu bentuk empati PKK  kepada warga terdampak wabah,” jelasnya.

Pada Penggak PKK itu disediakan bantuan paket sembako dan kebutuhan dapur. Adapun 50 warga penerima bantuan, jelas Ny Surya Adnyani Mahayastra, sesuai pengajuan dari pihak desa. Selain bantuan paket sembako dan kebutuhan dapur, juga diserahkan bantuan 5 kursi roda untuk penyandang disabilitas se-Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini juga dibantu melalui program CSR (cooperate social responsibility) Bank BPD Bali Cabang Gianyar.

Bupati Gianyar Made Mahayastra pada kesempatan yang sama, juga menyatakan salut kepada ibu-ibu PKK yang telah banyak peduli pada warga terdampak melalui program-program yang menyentuh langsung ke masyarakat. Dia berharap Penggak PKK dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat. *nvi

Komentar