nusabali

Pandemi Bikin Kriminalitas di Buleleng Menurun

  • www.nusabali.com-pandemi-bikin-kriminalitas-di-buleleng-menurun

SINGARAJA, NusaBali
Kriminalitas di Kabupaten Buleleng, mengalami penurunan kejadian selama pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polres Buleleng, AKP Vicky Tri Haryanto, Senin (15/6). Kasus kriminal menonjol yang dimaksud adalah 3C, seperti pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Walaupun ada beberapa kejadian kriminal, tapi tidak terlalu menonjoli.  "Tidak seperti dulu seperti ada kasus pencurian dengan pembobolan rumah," tuturnya.

Tanpa menyebut jumlah penurunan secara keseluriuhan, AKP Vicky menyebut penurunan terasa signifikan. Pasalnya, jika biasanya dalam satu minggu menerima 2 atau 3 LP (laporan Polisi), sekarang paling hanya 1. “Kalaupun ada LP lain sebatas penipuan online yang masih kami dalami dan lacak karena rata-rata pelakunya dari luar daerah Bali," paparnya lagi.

Sementara itu, salah satu peristiwa kriminal yang ditangani Polres Buleleng akhir-akhir adalah kasus pencurian motor yang terjadi minggu lalu. "Itu pun karena ada kesempatan kunci motor yang nyantol. Bukan modus curanmor yang menggunakan peralatan lengkap," imbuhnya.

Menurut AKP Vicky, penurunan kriminalitas tak terlepas dari peran aktif masyarakat Buleleng sendiri, selain patroli rutin dari pihak kepolisian. "Penurunan kejadian ini karena selama pandemi ini warga lebih menjaga kampungnya. Peran masyarakat sangat membantu kami. Mereka lebih aktif. Itu menekan tindak kriminalitas," jelasnya.*cr75

Komentar