nusabali

PMI Buleleng Dapat Bantuan Truk Gunner

  • www.nusabali.com-pmi-buleleng-dapat-bantuan-truk-gunner

SINGARAJA, NusaBali
Satu unit truk gunner berwarna putih berisikan lambang palang merah mendarat di Buleleng.

Bantuan pemerintah pusat yang ditujukan untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng ini diberikan untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 terutama dalam upaya pencegahan.

Truk gunner ini difungsikan untuk penyemprotan disinfektan di wilayah Buleleng yang dilepas langsung oleh Ketua PMI Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Senin (15/6). Truk gunner ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan truk tangki. Hanya saja dilengkapi sejumlah sarpras pendukung dan silinder berukuran besar di atas tangki yang berfungsi menyemprotkan disinfektan. Sehingga petugas yang mengoperasikannya tak perlu repot memegang dan mengarahkan selang untuk menyemprotkan disinfektan.

Sutjidra yang juga Wakil Bupati Buleleng ditemui di depan Taman Kota Singaraja usai melepas truk gunner mengatakan bantuan dari pemerintah pusat itu didapatkan karena memang PMI Buleleng mengusulkan langsung. Dari sejumlah kabupaten kota se-Indonesia yang mengusulkan, Buleleng terpilih menjadi kabupaten penerima di Bali selain Kabupaten Bangli.

“Truk gunner ini sudah teruji efektivitasnya, sehingga pencegahan Covid-19 bisa dilaksanakan lebih optimal. Kami yakin truk sangat efektif membantu pemerintah menanggulangi transmisi lokal di Buleleng,” jelas Sutjidra.

Dia pun menerangkan Buleleng mendapat prioritas sebagai daerah penerima bantuan truk gunner, karena kondisi wilayah merupakan daerah lintasan nasional yang cukup padat. Terutama akses jalan pantai utara Buleleng. Pemerintah Daerah yang mendapatkan bantuan truk gunner ini juga dilihat dari jumlah kasus transmisi lokal yang terjadi.

Sementara itu setelah dilepas, truk gunner langsung melakukan tugas dan fungsinya melakukan penyemprotan ke semua wilayah Buleleng yang sudah dijadwalkan dengan pasti. Mengawali tugas perdananya truk gunner melakukan penyemprotan keliling wilayah Kota Singaraja. Wabup Sutjidra pun mengimbau masyarakat tetap sadar dan taat melakukan pencegahan secara mandiri untuk mengimbangi upaya pemerintah dalam pencegahan Covid-19.*k23

Komentar