nusabali

Kinerja PDAM Klungkung Dievaluasi

Banyak Keluhan Konsumen saat Bupati ke Lapangan

  • www.nusabali.com-kinerja-pdam-klungkung-dievaluasi

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar rapat evaluasi membahas kinerja PDAM, di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Jumat (12/6) pagi.

Evaluasi ini menyusul banyaknya keluhan dan laporan konsumen kepada PDAM Klungkung. Keluhan itu baik saat bupati turun ke masyarakat maupun disampaikan lewat media sosial. Hadir, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Dirut PDAM Klungkung, Nyoman Renin Suyasa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengingatkan jajaran PDAM jangan hanya bekerja dan turun ke lapangan saat terjadi laporan atau keluhan. PDAM wajib mengevaluasi menyeluruh, serta harus berani turun ke lapangan berdialog dengan warga sebelum keluhan tersebut diposting ke media sosial. "PDAM utamanya di bidang teknis harus rajin turun memantau jaringan air, tidak hanya turun saat terjadi kerusakan jaringan/saluran," ujar Bupati Suwirta.

Kepada para pengawas PDAM, Bupti minta agar terus memantau kinerja PDAM. Pengawas juga agar ikut memberikan kajian dan solusi terhadap permasalahan yang dialami PDAM. Terkait usulan pelimpahan aset Provinsi Bali yakni UPT Air Mata Guyangan kepada Pemkab Klungkung, saat ini masih terjadi dualisme pengelolaan yakni Pemkab Klungkung dan Pemprov Bali. Akibatnya, Pemerintah pusat tidak berani membantu. "Target 2021 sudah menjadi satu pengelolaan dengan PDAM Klungkung. Sekarang buat perencanaan apa yang menjadi kebutuhan," ujarnya.

Dengan demikian, papar Bupati, aset tersebut sudah bisa diambilalih, bisa langsung dioperasikan. Saat ini jam operasional Air Guyangan hanya 8 jam. Padahal kebutuhan air selama 24 jam. Selain itu, PDAM agar lebih intens menjaga dan merawat jaringan atau saluran, sehingga tidak terjadi kebocoran pencurian air. "Ke depan Direktur dan Pengawas PDAM harus berani membuat lompatan perencanaan yang pasti dan jelas yang dapat memperbaiki produktivitas PDAM," ujarnya.

Untuk saat ini PDAM agar tidak berpikir menaikan tarif terlebih dulu. Namun PDAM mesti mengoptimalisasi pelayanan menuju pelayanan 100 persen dan optimalisasi SWRO (Sistem penyulingan air laut dengan mesin Seaweter Reverse Osmosis) Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, bisa segera diwujudkan. *wan

Komentar