nusabali

Selly Mantra Panen Hasil Kebun Hidroponik

  • www.nusabali.com-selly-mantra-panen-hasil-kebun-hidroponik

DENPASAR, NusaBali
Dalam masa pandemi Covid-19, berkebun dengan media tanam air atau hidroponik makin banyak dicoba, terutama warga perkotaan dengan lahan sempit.

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Mantra berkesempatan meninjau langsung sekaligus panen hasil salah satu kebun hidroponik yaitu Noja Bali Hidroponik di Jalan Noja II, Kesiman Petilan, Denpasar Timur, Jumat (12/6)

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan, dengan adanya inovasi seperti ini tentu sangat membantu Pemkot Denpasar dan masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan. Kegiatan seperti ini dapat mendorong masyarakat terutama ibu- ibu PKK di Kota Denpasar untuk memanfaatkan lahan yang berada di pekarangan secara maksimal.

"Meskipun tak terlalu luas, namun dengan hidroponik hasil panennya sangat luar biasa. Dengan melakukan urban farming atau sistem pertanian perkotaan di rumah masing - masing akan memperkuat ketahanan pangan keluarga,” ujar Selly Mantra didampingi bersama Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Antari Jayanegara serta Dharmawanita Persatuan Denpasar Ny Kerti Rai Iswara.

Pengelola Kebun Noja Bali Hidroponik, Ida Ayu Alit Maharani mengatakan, lahan yang digunakan merupakan lahan kosong bekas tempat pembuangan sampah dengan memanfaatkan barang bekas seperti ban dan yang lainnya kami mengubahnya menjadi lahan kebun hidroponik.

"Tak perlu waktu lama untuk memanen dan hasilnya bisa dijual, selain itu tujuan utama dari kebun hidroponik ini kita dapat merasakan makan sayuran sehat tiap hari untuk keluarga karena tidak menggunakan pestisida kimia. Dalam masa pandemi Covid-19 dimana banyak tenaga kerja yang dirumahkan, tentu usaha seperti ini sangat bagus untuk dikembangkan," ujar Maharani. *

Komentar