nusabali

Tempat Ibadah di Badung Siapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-tempat-ibadah-di-badung-siapkan-protokol-kesehatan

MANGUPURA, NusaBali
Sejumlah tempat ibadah di wilayah Kabupaten Badung menyiapkan berbagai protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi kalau misalnya sewaktu-waktu ada pembukaan kembali tempat-tempat ibadah sesuai dengan aturan pemerintah, maka kami sudah siap membuka untuk aktivitas ibadah di masjid," ujar Ketua Satgas Covid-19 Yayasan Al-Hikmah di Mushola Al-Hikmah kawasan Dalung Permai, Badung, Kamis (11/6).

Dia menjelaskan, persiapan tersebut dilakukan dengan mulai menyiapkan dan menerapkan berbagai protokol kesehatan di tempat ibadah seperti dengan pemasangan stiker panduan jarak untuk shaf shalat. "Sesuai informasi yang kami dapat, misalnya dibuka kembali itu nanti juga tidak boleh ramai-ramai. Maksimal 25 orang yang beribadah, maka pemasangan stiker panduan jarak ini juga kami lakukan untuk membatasi jumlah umat yang beribadah agar tidak berkerumun," katanya.

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah sarana lain seperti bilik disinfeksi, hand sanitizer bagi jamaah serta melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin. "Karpet sajadah untuk salat juga sementara kami tidak sediakan, nantinya jamaah membawa alat salat sendiri-sendiri. Dengan sejumlah persiapan ini, intinya kami siap apabila tempat ibadah sudah boleh dibuka kembali," ungkap Herlambang.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Antar Umat Beragama Puja Mandala, Wayan Solo menjelaskan, seluruh tempat ibadah yang berada di kompleks tempat peribadatan lima agama di kawasan Nusa Dua, Badung, tersebut juga siap untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya mencegah pandemi Covid-19

"Tempat ibadah di Puja Mandala masih belum ada yang dibuka dan belum membuka aktivitas peribadatan untuk umat. Namun, misalnya nanti sudah dibuka, saya yakin semuanya akan sesuai dengan protokol kesehatan dan ada pembatasan-pembatasan untuk mencegah Covid-19," ungkapnya.    *ant

Komentar