nusabali

Bupati Artha Minta Perbekel Pastikan Warga Terdampak Dapat Bantuan

Pembagian Sembako Jaring Pengaman Sosial Tahap II

  • www.nusabali.com-bupati-artha-minta-perbekel-pastikan-warga-terdampak-dapat-bantuan

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Putu Artha membagikan bantuan sembako jaring pengaman sosial (JPS) tahap II kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

Setelah pembagian di Kecamatan Pekutatan, Selasa (9/6), giliran warga terdampak di wilayah Kecamatan Mendoyo yang menerima bantuan, Rabu (10/6). Di wilayah Kecamatan Mendoyo ada 903 kepala keluarga (KK) penerima bantuan JPS tahap II. Pembagian bantuan ditandai penyerahan simbolis oleh Bupati Artha kepada Camat Mendoyo I Putu Nova Noviana, di aula Kantor Desa Yeh Sumbul. Setelah penyerahan simbolis, Bupati Artha langsung turun menyerahkan bantuan ke sejumlah warga penerima.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Artha mengingatkan kepada para perbekel/lurah untuk memastikan semua warga terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Jembrana, mendapat bantuan. Jangan sampai ada warga yang berhak dapat bantuan, khususnya yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar, justru tercecer. “Kepada perbekel/lurah, agar selalu melakukan evaluasi dan mendata warganya yang ada di masing-masing desa/kelurahan. Kami tidak ingin, pemberian bantuan ini menimbulkan kecemburuan. Bahkan ribut lantaran data para penerima manfaat yang tidak valid,” ujarnya.

Selain keakuratan data penerima bantuan, Bupati Artha menegaskan agar perbekel/lurah lebih cermat mendata warganya, sehingga tidak ada penerima bantuan ganda. “Saya ingatkan penerima manfaat dari JPS ini, tidak boleh menerima bantuan dari sumber lain saat pandemi Covid-19. Warga kita yang terdampak masih cukup banyak yang belum tersentuh bantuan, sehingga jangan ada penerima ganda. Saya ingin warga kita yang terdampak, terbantu semuanya,” tegasnya.

Sementara Kadis Sosial Jembrana Made Dwipayana, mengatakan bantuan sembako yang diserahkan kepada masyarakat di Kecamatan Mendoyo merupakan bagian dari bantuan JPS tahap II yang dialokasikan untuk 5.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Jembrana. Pada tahap I juga dibagikan bantuan serupa kepada 7.180 KPM. Jika ditotal tahap I dan II, ada 12.180 KPM yang menerima bantuan JPS Pemkab Jembrana. Masing-masing KPM menerima bantuan dalam bentuk paket sembako senilai Rp 200 ribu per bulan selama 3 bulan.

“Di Kecamatan Mendoyo pada JPS tahap I ada 1.908 KMP. Jika ditotal tahap I dan II, maka warga Kecamatan Mendoyo yang telah menerima bantuan sembako JPS sebanyak 2.811 KPM,” ujar Kadis Sosial Jembrana yang mantan Direktur RSUD Negara.  *ode

Komentar