nusabali

Masuk Kantor Bupati Tabanan Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-masuk-kantor-bupati-tabanan-wajib-ikuti-protokol-kesehatan

TABANAN, NusaBali
Penerapan new normal khusus untuk pelayanan publik di Pemkab Tabanan sudah berjalan mulai Rabu (10/6).

Bahkan sejumlah instansi menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tak terkecuali di kantor Bupati Tabanan. ASN dan masyarakat yang berkunjung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Pantauan Rabu siang kemarin, sejumlah ASN sudah mulai ngantor. Security pun mulai sibuk menjaga di depan pintu masuk Kantor Bupati Tabanan. Sejumlah ASN dan pengunjung, di dekat pintu gerbang langsung distop dan dicek suhu tubuh. Bagi yang memiliki suhu tubuh tinggi diminta langsung mengunjungi fasilitas kesehatan untuk memeriksakan diri.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan pengecekan suhu tubuh itu bagian dari protokol kesehatan dalam kondisi new normal. “Sesuai amanat, untuk new normal kita mengecek suhu tubuh setiap orang yang masuk ke Kantor Bupati Tabanan,” kata Dian Setiawan.

Dikatakan sebelum new normal diberlakukan, Pemkab Tabanan juga sudah membiasakan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), rutin mencuci tangan, dan wajib menggunakan masker. “Termasuk di setiap ruangan ASN kita diminta untuk rutin semprotkan disinfektan,” imbuh Dian Setiawan.

Sementara itu dari data perkembangan kasus Covid19 di Kabupaten Tabanan, hingga Rabu sore dilaporkan ada penambahan satu kasus pasien terkonfirmasi positif. Pasien ini merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) perempuan asal Kecamatan Selemadeg. Dengan adanya penambahan pasien positif jadi total positif di Kabupaten Tabanan yang masih dirawat 10 orang. Dan secara akumulasi total pasien positif di Tabanan berjumlah 29 orang, dalam perawatan 10 dan sembuh 19 orang.

Meski ada penambahan pasien positif, kabar baik ada pada pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah dinyatakan sembuh. Pada data sebelumnya atau Selasa (9/6) sore ada sebanyak 15 orang PDP, namun pada Rabu sore jumlah PDP hanya 9 orang. “Untuk PDP khususnya yang dirawat di UPTD RS Nyitdah sudah banyak yang sembuh dan dipulangkan,” ucap Dian Setiawan.

Terkait hal ini, pihaknya selalu menekankan pada masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Patuhi instruksi dari pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, tetap jaga jarak aman dari orang sekitar, sering cuci tangan dan gunakan disinfektan pada permukaan yang sering tersentuh di rumah, jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut. Saat batuk dan atau bersin tutupi dengan siku atau tisu.

“Diharapkan kerjasama seluruh masyarakat Tabanan agar tetap melakukan isolasi mandiri, tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak sekali, menjalankan pola hidup bersih dan sehat, selalu rajin mencuci tangan dan menjaga jarak, menghindari kerumunan serta selalu berpikiran positif dalam menghadapi situasi ini. Dan sangat diwajibkan untuk menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah,” tandas Dian Setiawan. *des

Komentar