nusabali

Lapas Narkotika Bangli Buka Layanan Drive Thru

  • www.nusabali.com-lapas-narkotika-bangli-buka-layanan-drive-thru

BANGLI, NusaBali
Di tengah pandemi Covid-19 Lapas Narkotika Kelas II A Bangli membuat inovasi dalam sistem pelayanannya.

Lapas yang berlokasi di Banjar Buungan, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli ini membuka layanan drive thru. Dengan layanan ini diharapkan hak-hak warga binaan tetap terpenuhi.  Kepala Lapas Narkotika Bangli, Agus Pritiatno, menjelaskan saat pandemi Covid-19 layanan kunjungan ditiadakan sementara waktu. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir pertemuan pengunjung dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Sementara untuk pemenuhan kebutuhan WBP maupun pengunjung, Lapas Narkotika menyiapkan penitipan barang. "Beberapa bulan terakhir digantikan dengan penitipan barang. Sementara tidak ada tatap muka," jelasnya, Rabu (10/6).

Lebih lanjut, untuk mempermudah layanan penitipan barang maka dibuka layanan drive thru. Dalam layanan ini pengunjung tidak perlu lagi menuju pos pintu masuk lapas hanya cukup menitipkan barang bawaannya di layanan kunjungan khusus drive thru. Pengunjung juga tidak perlu turun dari kendaraan karena sudah disambut oleh petugas duta layanan kunjungan  Lapas Narkotika Bangli.

"Hal ini di samping mempermudah dan mempercepat layanan publik juga salah satu upaya menghindari bertemu langsung di pos masuk pintu lapas," sambung Agus Pritiatno. Menurut Agus Pritiatno, dalam layanan drive thru, cukup dengan menuliskan nama WBP dan nama pengunjung. Namun demikian untuk memastikan barang bawaan tidak melanggar, petugas akan melakukan pengecekan. "Tentunya diperiksa dulu bawaannya ini untuk mengantisipasi adanya barang terlarang seperti narkoba, HP, sajam dan lainnya," tegasnya.

Ditambahkan untuk layanan drive thru dimulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Sementara dalam pelaksanaannya protokol kesehatan tetap dijalankan. Layanan drive thru sudah dilaksanakan sejak 7 Juni lalu, dan sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya. "Sejauh ini layanan berjalan dengan lancar," imbuhnya. *esa

Komentar