nusabali

Gudang LPD Kerobokan Terbakar Tengah Malam

  • www.nusabali.com-gudang-lpd-kerobokan-terbakar-tengah-malam

MANGUPURA, NusaBali
Gudang Lembaga Perkreditan Desa (LPD) milik Desa Adat Kerobokan yang terletak di Jalan Semer, Banjar Peliatan, Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung terbakar pada, Senin (8/6) pukul 22.30 Wita.

Belum diketahui secara persis pemicu kebakaran yang menghanguskan isi gudang tersebut. Kasubbag Humas Polres Badung, Iptu Gede Oka Bawa, dikonfirmasi, Selasa (9/6) mengungkapkan selain gudang terbakar imbas dari peristiwa itu dua unit mobil Toyota Avanza Velos milik LPD tersebut mengalami kerusakan. Kedua mobil bernopol DK 1846 OB dan DK 1847 OB sama-sama mengalami kerusakan pada dek belakang sebelah kanan.

Berdasarkan keterangan dari saksi-saksi di lokasi kejadian ungkap Iptu Oka Bawa bahwa sebelum kejadian seorang Satpam bernama I Wayan Wiyundana, 45, mencium bau asap dari arah gudang tersebut. Curiga dengan hal itu pria asal Jalan Raya Semer, Gang Tunjung mekar, Nomor 22, Banjar Peliatan, Kelurahan Kerobokan itu mendatangi gudang. Ternyata saat itu api sudah membesar di dalam gudang.

Mengetahui terjadi kebakaran Wayan Wiyundana menghubungi Kaling setempat, I Wayan Winaya. Lalu Wayan Winaya langsung menghubungi pemadam kebakaran Kabupaten Badung. “Kejadian itu diketahui oleh Wayan Wiyundana saat hendak ganti shif dengan yang tugas jaga sore. Meski cepat diketahui, tapi api sudah membesar saat itu. Kedua mobil mengalami kerusakan pada saat dilakukan upaya penyelamatan,” ungkap Iptu Oka Bawa.

Pukul 23.00 Wita sebanyak 3 unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Badung tiba di TKP kemudian berupaya memadamkan api. Api berhasil dijinakkan dan dinyatakan padam pukul 13.42 Wita. Meski berhasil dipadamkan dan api tidak meluas ke bangunan lainnya, namun seisi gudang yang berisi arsip penting LPD tersebut jadi abu.

“Belum bisa dipastikan penyebabnya. Dugaannya terjadi korsleting listrik di dalam gudang tersebut. Kami dari kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui secara persis penyebabnya. Akibat kejadian itu korban (pihak LPD) mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta,” tandasnya. Sementara Bendesa Adat Kerobokan, AA Putu Sutarja, membenarkan musibah kebakaran sebuah gudang di LPD Kerobokan, Senin malam. Dia menyampaikan musibah kebakaran tersebut sudah ditangani oleh petugas Damkar dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung.  "Betul, jadi yang terbakar merupakan sebuah gudang. Syukur api bisa dipadamkan dengan cepat sebelum merembet ke bangunan yang lain," ujarnya.

Kendati musibah kebakaran tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa, namun kerugian materil yang ditimbulkan mencapai ratusan juta rupiah. "Hanya arsip tak terpakai yang terbakar. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 100 juta lebih," kata Sutarja.

Disinggung apakah pihak desa adat akan melakukan upacara pascamusibah kebakaran, dia mengiyakan. "Iya, tentu saja kita akan lakukan upacara. Rencana tanggal 17 Juni 2020 akan diadakan upacara pembersihan. Upacaranya akan kami laksanakan pada pagi hari," tandasnya. *pol, asa

loading...

Komentar