nusabali

Bale Peselang Pura Desa Mas Terbakar

  • www.nusabali.com-bale-peselang-pura-desa-mas-terbakar

GIANYAR, NusaBali
Bangunan Bale Peselang di Pura Desa Adat Mas, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, terbakar, Senin (8/6) sekitar pukul 08.30 Wita.

Bale beratap ijuk ini ludes,  termasuk sebuah jempana dan beberapa lembar wastra (kain) hangus.  Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta.  Kebakaran hebat pertama kali dilihat oleh warga sekitar. Tampak dari kepulan asap yang membubung tinggi di areal pura. Sejumlah warga pun sempat berupaya memadamkan api, sebelum petugas Pemadam Kebakaran (PMK) tiba di lokasi. Bale peselang berukuran 4 meter x 6 meter tersebut berhasil dipadamkan setelah sejam penyemprotan air.

Kasatpol PP Gianyar I Made Watha mengatakan, empat  mobil Damkar dikerahkan ke lokasi. "Kami dampingi Pak Bupati yang turun langsung ke Pura Desa Mas," jelas Watha.

Terkait penyebab kebakaran, Kapolsek Ubud AKP Gede Sudyatmaja mengatakan masih dalam penyelidikan. Perbekel Mas I Wayan Gde Darmayuda mengatakan penyebab kebakaran masih misterius. Sebab tidak ada yang melihat pasti asal muasal api. "Kemungkinan sudah sejak pagi muncul percikan api, warga sekitar tahunya setelah asap mengepul tinggi," ujarnya.

Namun demikian, hanya ada dua kemungkinan kebakaran antara korsleting listrik atau dupa. Hanya saja, tidak ada aktivitas mabanten sebelum kejadian. "Penyebabnya masih diselidiki sama Polsek Ubud," ujarnya. Pasca kebakaran, krama setempat melakukan gotong royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran. *nvi

Komentar