nusabali

52 Pasien Covid-19 Dirawat di RSUP Sanglah

  • www.nusabali.com-52-pasien-covid-19-dirawat-di-rsup-sanglah

DENPASAR, NusaBali
RSUP Sanglah Denpasar yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 hingga Senin (8/6) merawat sebanyak 52 orang pasien.

Meski jumlah yang dirawat cukup banyak, RSUP Sanglah mengaku kesiapan dan kebutuhan rumah sakit tertangani dengan cukup baik. “Jumlah kumulatif pasien Covid-19 yang dirawat di RSUP Sanglah pada Senin, 8 Juni 2020 sebanyak 52 orang. Ada tambahan dua orang dibandingkan Sabtu (6/6),” ungkap Kasubbag RSUP Sanglah Denpasar, Dewa Ketut Kresna, dikonfirmasi, Senin kemarin.

Tambahan pasien tersebut terjadi di Ruang Lely, dimana pada akhir pekan lalu tercatat dihuni 9 orang kemudian bertambah menjadi 13 orang pasien. Namun, pengurangan jumlah pasien terpantau terjadi di Ruang Mawar dan Ruang Kamboja, dengan pengurangan masing-masing satu orang pasien. “Di Ruang Mawar berkurang satu, dari 16 jadi 15 orang. Ruang Kamboja juga berkurang, dari 7 orang jadi 6 orang, sedangkan Ruang Nusa Indah tetap 18 orang,” jelasnya.

Meski jumlah pasien yang terus meningkat, menurut Dewa Kresna, kesiapan rumah sakit baik dari kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD), tenaga kesehatan, maupun ruang isolasi masih mampu tertangani dengan baik. “Jumlah APD selama sebulan terakhir relatif stabil. Kami punya 71 bed untuk isolasi (perawatan, red) yang akan dibuka secara bertahap seperti yang telah dirancang. Kalau nanti kurang, akan dibagi ke RS PTN Unud,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait kondisi tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas, pihaknya kini tengah melakukan swab test kepada setiap tenaga kesehatan yang bertugas di RSUP Sanglah Denpasar. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi menyusul sejumlah tenaga kesehatan RSUP Sanglah yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Kami mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga diri jangan sampai terpapar,” pungkasnya. *ind

loading...

Komentar