nusabali

Emre Can Jaga Asa Dortmund

Dua Kemenangan Lagi, Bayern Juara

  • www.nusabali.com-emre-can-jaga-asa-dortmund

DORTMUND, NusaBali
Gol tunggal Emre Can menjaga asa juara Borussia Dortmund, usai mengalahkan tamunya Hertha Berlin 1-0, dalam laga Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (7/6) dinihari Wita.

Kemenangan itu membuat Dortmund berada di posisi kedua klasemen dengan 63 poin atau tertinggal tujuh poin dari Bayern Muenchen yang memuncaki klasemen. Jarak itu masih dapat dikejar mengingat musim masih menyisakan empat laga, jika hasil sisa laga memihak tim Lucien Favre. Sedangkan Hertha (38) tertahan di urutan kesembilan dan tertinggal lima poin dari zona kualifikasi Eropa.

Pertandingan diawali aksi solidaritas untuk George Floyd, korban kekerasan rasial oleh polisi di Amerika Serikat. Seluruh skuat kedua tim berlutut memberi penghormatan.

Meski ada peluang, namun Borussia Dortmund sudah mengibarkan bendera putih menyalip Bayern. Direktur Dortmund Michael Zorc memilih realistis dan merasa tidak mungkin mengharapkan Die Roten terpeleset.

"Saya pikir kami sudah mengatakan semuanya di pekan setelah kami kalah dalam pertandingan melawan Bayern. Dari sudut pandang kami, titel juaranya sudah ditentukan," kata Zorc.

Sementara itu, Bayern berpeluang besar meraih gelar juara Bundesliga musim ini, usai kemenangan 4-2 atas tuan rumah Bayer Leverkusen, di BayArena, Sabtu (6/6) malam Wita. Kini Bayern hanya butuh dua kemenangan lagi untuk merengkuh trofi liga yang ke-30.

Keempat gol Bayern disarangkan Kingsley Coman pada menit ke-27, Leon Goretzka (42), Serge Gnabry (45), dan Robert Lewandowski (66). Sedangkan dua gol Leverkusen dicetak Lucas Alario (10') dan Florian Wirtz (89').

Kemenangan atas Leverkusen sekaligus memperpanjang catatan impresif Die Roten di Bundesliga musim ini. Anak asuh Hansi Flick itu tak terkalahkan dalam 16 laga terakhir di Bundeslia, dengan 15 kali menang dan sekali imbang.

Kemenangan itu, sekaligus melunasi kekalahan 1-2 pada pertemuan pertama di Allianz Arena dan kekalahan 2-3 pada musim lalu di Bay Arena. Kini Bayern di puncak klasemen dengan 70 poin.

Bayern berpeluang besar meraih gelar juara Bundesliga musim ini. Mereka hanya membutuhkan dua kemenangan dari empat laga tersisa di liga, untuk keluar sebagai kampiun. Empat laga terakhir Bayern itu,  kontra Borussia Monchengladbach di Allianz Arena (13 Juni), Werder Bremen di Wohninvest Weserstadion (16 Juni), SC Freiburg di Allianz Arena (20 Juni), dan VfL Wolfsburg di Volkswagen Arena (27 Juni). *ant

Komentar