nusabali

PDIP Undang 30 Parpol Se Dunia ke Bali

  • www.nusabali.com-pdip-undang-30-parpol-se-dunia-ke-bali

PDIP bersama 30 parpol se jagat itu membahas kondisi terkini di dunia, lengkap dengan persoalan, tantangan dan masalah yang berkembang.

Dalam Acara Progressive Alliance Seminar (PAS)


DENPASAR, NusaBali
PDI Perjuangan menggelar agenda besar bersama 30 partai politik (Parpol) papan atas dari 30 negara di Kuta, Badung, Bali pada 19-20 September 2016 mendatang. Acara Progressive Alliance Seminar (PAS) yang bertema ‘Living Together in A New World, Building Solidarity and Social Justice’ (Hidup bersama di dunia baru, membangun solidaritas dan keadilan sosial) tersebut akan dibuka Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sejumlah persiapan sudah digelar DPD PDIP Bali sebagai panitia lokal (daerah) berkoordinasi dengan DPP PDIP dalam rangkaian acara menyambut kehadiran para petinggi parpol se dunia tersebut. Koordinator Seksi Publikasi dan Media PAS, I Wayan Widia dan Koordinator Acara, I Gede Ngurah Hartawan dalam jumpa pers di Kantor DPD PDIP Bali, Selasa (14/9) mengatakan PDIP bersama 30 parpol se jagat itu membahas kondisi terkini di dunia, lengkap dengan persoalan, tantangan dan masalah yang berkembang.

“PDIP juga membangun jejaring dan ini menjadi wadah komunikasi membahas masalah terkini di dunia, tentunya dengan penyelesaiannya,” ujar Widia. Acara PAS di Bali ini juga akan membicarakan masalah partisipasi, strategi yang progresif para kaum muda menghadapi masalah kekinian, diskusi panel tentang pertumbuhan yang inklusif, keamanan sosial, ekologi dan budaya, workshop tentang situasi dan pembangunan di Negara ASEAN. ”Ibu Ketua Umum (Megawati) yang akan membuka kegiatan ini,” kata Widia.  

Menurut Widia dari 30 partai politik yang diajak komunikasi semuanya akan hadir mengirimkan delegasinya. “Dari 30 partai politik dari seluruh dunia yang kita jajaki semuanya mengkonfirmasi akan hadir di Bali,” tegas politisi asal Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini.

Para delegasi 30 partai politik akan berkesempatan juga melihat sistem subak di Bali. Kunjungan ke Subak ini rencananya akan mengajak pakar Subak dan akademisi di Bali. “Organisasi dan sistem kerjanya Subak akan dilihat para delegasi. Subak juga menjadi organisasi sorotan dunia, dikagumi. Namun dalam kondisi sekarang ini Subak juga terancam dengan alih fungsi lahan. Masalah Subak ini menjadi hal menarik dalam kegiatan kunjungan,” tambah Ngurah Hartawan.

Mantan Komisioner KPU Gianyar ini mengatakan Subak yang akan dikunjungi delegasi partai politik se dunia adalah Subak Sembung di Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara. “Total ada 120 orang akan terlibat dalam acara ini. Dari luar negeri saja 90 orang dari 30 partai politik sudah nyatakan hadir,” imbuh Hartawan. * nat

Komentar