nusabali

Jaringan PDAM Bermasalah, Layanan Terganggu

  • www.nusabali.com-jaringan-pdam-bermasalah-layanan-terganggu

BANGLI, NusaBali
Layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bangli mengalami gangguan.

Penyebabnya, jaringan di sumber mata air Tegal Suci Kelurahan Kubu mengalami pergeseran akibat kondisi tanah yang labil. Pergeseran itu menyebabkan pipa bocor.

Kabag Teknik PDAM Bangli, Ida Bagus Perenawa, mengatakan kerusakan sudah terpantau oleh petugas sejak sepekan lalu. Namun karena lebih memprioritaskan penanganan gangguan di pelanggan, perbaikan di sumber air baru diproses. Menurutnya, meksi terjadi kebocoran namun pelanggan masih tetap bisa mendapatkan pasokan air. Hanya saja debit air mengalami penurunan. Bergesernya jaringan pipa karena kondisi tanah yang labil. Sebagai antisipasi akan dibuat saluran baru dari pasang batu. “Lokasinya ada di bantaran aliran sungai, maka untuk proses perbaikan membutuhkan waktu. Jika tidak hujan, dalam waktu satu bulan sudah tuntas,” ungkap Ida Bagus Perenawa, Jumat (5/6).

Sementara itu, sumber mata air Tegal Suci dimanfaatkan untuk memasok air bagi pelanggan yang ada di seputaran kota Bangli, terutama di Jalan Serma Meranggi, Lettu Anom, dan sekitarnya. Pasca perbaikan maka untuk suplai air bagi konsumen memanfaatkan air dari sumber mata air lainnya. “Kami alihkn sumber dari Tirta Gamongan yang selama ini memasok air bagi pelanggan di seputaran Jalan Merdeka dan Nusantara,” jelasnya. Dikatakan, kebocoran paling sering terjadi di jaringan pipa distribusi kota Bangli. *esa

Komentar