nusabali

Siswa SMP di Badung Lulus 100 Persen

  • www.nusabali.com-siswa-smp-di-badung-lulus-100-persen

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 9.367 siswa dari 60 SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Badung dinyatakan lulus sekolah.

Pengumuman kelulusan sesuai instruksi dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disidikpora) Badung dilakukan secara online, sehingga para siswa tidak harus pergi ke sekolah. “Iya, hari ini pengumuman kelulusan siswa SMP. Semua lulus,” kata Kepala Disdikpora Badung I Ketut Widia Astika, saat dikonfirmasi, Jumat (5/6) kemarin.

Untuk kali pertama pengumuman tidak seperti sebelumnya, dimana siwa datang ke sekolah untuk mengambil surat kelulusan. Pada tahun ini pengumuman dilakukan secara online, ada yang melalui website sekolah, ada yang dibagikan ke group WhatsApp.

Menurut Astika, pengumuman kelulusan SMP lebih mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19. “Jadi, pengumumannya dilakukan secara online demi menghindari peluang anak-anak untuk berkerumun dan bergerombol,” katanya.

Sementara, untuk mengantisipasi terjadi kerumunan siswa di luar sekolah, birokrat asal Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, meminta pihak sekolah berkoordinasi dengan aparat di desa maupun kelurahan di lingkungan masing-masing. Dengan begitu bila terjadi kerumuman bisa segera diminta pulang.

Disinggung terkait kelulusan untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Astika mengungkap akan diumumkan serentak dalam waktu dekat.

Secara terpisah, Kepala SMPN 2 Kuta Utara AA Putu Oka Sujana, mengakui kelulusan siswa tahun ini diumumkan secara online tidak melalui sekolah. Hal ini dilakukan semata-mata mengikuti arahan dari Disdikpora Badung. “Inggih, hari ini (kemarin) kelulusan siswa. Untuk di SMPN 2 Kuta Utara, sebanyak 572 siswa lulus semua,” ungkapnya.

Sujana yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Badung, sudah mendapatkan hasil rekap dari masing-masing sekolah tentang kelulusan siswa tahun ini. “Laporan yang saya terima semua lulus siswa SMP se-Badung,” tandasnya.

Ditanya mengenai persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2020/221, pihaknya menegaskan tetap mengacu pada ketentuan yang ditetapkan Disdikpora Badung. “Untuk persiapan PPDB, semua sekolah sudah menyiapkan pos informasi kepada calon siswa. Walau begitu, untuk pendaftarannya tetap dilakukan secara online, kata Sujana sembari menambahkan jika jadwal sudah ditetapkan yakni mulai 18 Juni 2020.

Sebelum diberitakan, berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan, untuk PPDB tingkat SMP negeri akan dilakukan mulai 18 Juni 2020. Diawali yakni pendaftaran jalur zonasi bagi siswa disabilitas pada tanggal 18 Juni 2020. Pendaftaran jalur afirmasi akan dilaksanakan pada 22 Juni 2020. Pendaftaran jalur perpindahan Tugas Ortu/Wali pada tanggal 25 Juni 2020. Pendaftaran jalur prestasi pada tanggal 29 Juni 2020, dan pendaftaran jalur zonasi selain anak disabilitas akan dilaksanakan pada 2-3 Juli 2020. Untuk pendaftaran ulang yakni pada 10-11 Juli 2020. *asa

Komentar