nusabali

BPD Bali Peringati HUT Ke-58

Fokus Peduli Covid-19

  • www.nusabali.com-bpd-bali-peringati-hut-ke-58

DENPASAR,NusaBali
PT Bank Pembangunan Daerah Bali atau Bank BPD Bali memasuki usia  ke-58 pada Jumat (5/6) ini.

Berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19, rangkaian peringatan HUT Bank BPD Bali ditandai berbagai kegiatan, di antaranya fokus membantu upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19, termasuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Karenanya HUT Bank BPD Bali ke-58 berlangsung sederhana tanpa mengurangi makna. “HUT ke-58  berbarengan dengan  pandemi Covid-19, karena itulah pelaksanaan HUT dilakukan dengan semangat kepedulian  dan dengan tidak mengurangi rasa syukur dan peduli Bank BPD Bali kepada lingkungan sekitar,” ujar Direktur Utama (Dirut) Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, Rabu (3/6).

Kepedulian tersebut, lanjut Sudharma, tetap berdasarkan konsep keharmonisan dan kerukunan yang berpedoman pada  ajaran Tri Hita Karana. Kegiatan itu antara lain meliputi  penyerahan dana punia di Pura Besakih dan Ulundanu Batur, Kintamani, Bangli. Pemberian bantuan wasrafel portable dan sembako untuk wilayah kerja masing-masing Kantor Cabang, donor darah, hingga beasiswa bagi anak pegawai outsourcing berprestasi.

Selain itu, melalui corporate social responsibility (CSR),  Bank BPD Bali juga telah memberikan bantuan Alat Pelindung Diri berupa sepatu boot, sarung tangan, masker, cover all, dan kacamata goggle yang diberikan kepada beberapa rumah sakit dan lembaga kesehatan. “Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Bank BPD Bali kepada tenaga medis sehingga diharapkan dapat bekerja dengan maksimal dalam menangani Covid-19,” ujar pria asal Pecatu Badung ini.

Di sisi lain, Sudharma yang dalam kesempatan kemarin didampingi jajaran direksi lainnya, menyatakan  pandemi  Covid-19  tidak mengurangi semangat seluruh insan Bank BPD Bali. Hal tersebut terlihat dari pencapaian yang diraih Bank BPD Bali sampai  akhir April 2020. Bank BPD Bali mampu mencapai kinerja yang baik dari sisi total aset, penghimpunan dana pihak ketiga, dan pencapaian laba.

Laba bersih  yang berhasil dibukukan Bank BPD Bali hingga akhir April 2020 sebesar Rp 264 miliar. Sedangkan dari total dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun oleh Bank BPD Bali mencapai Rp 21.723 miliar atau meningkat 5,14 persen dibanding April 2019.

Sementara untuk total aset Bank BPD Bali tembus hingga Rp 25.625 miliar  atau meningkat  3,59 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp 24.737 miliar. Dari sisi kredit, Bank BPD Bali berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 18.535 Miliar. Sedangkan untuk penyaluran kredit KUR tahun 2020 posisi April antara lain KUR Mikro sebesar Rp 40,318 miliar  dan KUR Kecil sebesar Rp 313,171 miliar.

Untuk rasio-rasio keuangan CAR tercatat sebesar 19,08 persen BOPO sebesar 63,15 persen,  LDR tercatat sebesar 85,32 persen, ROA sebesar 3,86 persen ROE sebesar 25,75 persen dan NPL Gross tercatat sebesar 2,91 persen.

Tahun 2020 Bank BPD Bali juga  berhasil merengkuh beberapa penghargaan, di antaranya sebagai Bank Berpredikat 1st Kategori BUMD Buku II pada bidang sales & marketing yang diberikan oleh Economic Review pada 12 Maret 2020; dan Bank Berpredikat Excellent untuk Performa Financial selama periode September  2018-2019 yang diberikan oleh Infobank pada 6 Mei 2020. “Ini karena kerja keras seluruh insan Bank BPD Bali,”  ucap Sudharma. *k17

Komentar