nusabali

Gagal Penuhi FFP, Klub Turki Dilarang Ikut Kompetisi Eropa

  • www.nusabali.com-gagal-penuhi-ffp-klub-turki-dilarang-ikut-kompetisi-eropa

NYON, NusaBali
Pimpanan Liga Turki Trabzonspor mendapat hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa, setelah gagal memenuhi aturan Keadilan Finansial (FFP).

Hukuman itu berlaku berdasar putusan yang dikeluarkan Badan Pengendali Keuangan Klub (CFCB) UEFA pada 5 Juli 2019 lantaran gagal membuktikan laporan keuangan yang impas.


Putusan yang dijatuhkan berupa larangan ikut di satu kompetisi Eropa pada musim 2020/2021 dan 2021/2022, tetapi bisa gugur jika Trabzonspor mampu memenuhi prasyarat untuk laporan keuangan tahun fiskal 2019.

"CFCB memutuskan bahwa Trabzonspor gagal memenuhi target tahun fiskal 2019 tersebut. Jadi, CFCB meminta agar klub itu dilarang tampil dalam satu kompetisi UEFA jika lolos di musim 2020/2021 dan 2021/2022," tulis pernyataan laman resmi UEFA, Kamis (4/6) dinihari Wita.

Musim ini, Trabzonspor tampil pada fase kualifikasi Liga Europa tetapi tersingkir di putaran ketiga di tangan klub Republik Ceko, Sparta Praha. Di kompetisi domestik, Trabzonspor memimpin klasemen sementara Liga Super berbekal keunggulan head to head atas Istanbul Basaksehir yang sama-sama mengoleksi 53 poin. Jika nantinya Trabzonspor juara Liga Super Turki, maka jatah satu tiket fase grup Liga Champions 2020/21 turun ke tangan tim peringkat kedua. *ant

Komentar