nusabali

Teco Utamakan Protokol Kesehatan

Pemain Bhayangkara Berlatih di Stadion PTIK

  • www.nusabali.com-teco-utamakan-protokol-kesehatan

Bagi saya yang terpenting adanya protokol kesehatan yang baik saat tim latihan dan menjalani pertandingan. Semua perangkat pertandingan dan semua tim harus dijaga kesehatannya.

MANGUPURA, NusaBali

Pelatih Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra lebih mementingkan aturan protokol kesehatan sebelum PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) melanjutkan kembali kompetisi pada tahun ini.

Sebelumnya, PSSI memberikan sinyal melanjutkan kompetisi yang terhenti sejak Maret akibat pandemi virus Corona. Kini PSSI dan PT LIB sedang membahas masukan yang diberikan klub Liga 1 dan 2 tentang pelaksanaan kompetisi di saat pandemi virus Covid-19.

Teco pun merasa senang mendengar kabar kompetisi akan dilanjutkan pada September atau Oktober. Namu Teco membutuhkan sistem yang jelas terkait laga saat adanya pandemi. Teco sangat mementingkan protokol kesehatan, sehingga pemain dan ofisial tetap merasa aman dan nyaman dalam latihan maupun bertanding.

“Saya pikir bagus jika Liga bisa mulai tahun ini. Tapi bagi saya yang terpenting adanya protokol kesehatan yang baik saat tim latihan dan jalani pertandingan,” ujar pelatih asal Brasil itu di laman resmi klub, Kamis (4/6).

Menurutnya, semua perangkat pertandingan dan semua tim harus dijaga kesehatannya agar saat latihan dan pertandingan semua sehat dan berjalan aman.

Lebih jauh Teco belum dapat memastikan jadwal latihan tim untuk menyambut kemungkinan kompetisi dilanjutkan. Mantan pelatih Persija itu ingin berdiskusi lebih dulu dengan manajemen mengenai program tim.

“Soal jadwal latihan saya akan berdiskusi dengan manajemen. Menurut saya yang terpenting adanya protokol kesehatan. Semua pemain dan ofisial tim sebelum balik latihan harus di tes kesehatan terlebih dulu agar semuanya berjalan baik,” kata Teco.

Sedangkan para penggawa Bali United saat ini menjalani latihan mandiri di kediaman masing-masing. Latihan itu sekadar menjaga kebugaran agar mereka tetap siap saat tim bertanding lagi. Teco sebelumnya menyebutkan, persiapaan tim membutuhkan waktu sedikitnya satu bulan setelah mereka tidakn melakoni laga selama hampir tiga bulan.

Selain berkompetisi di Liga 1, Bali United juga masih harus melakoni tiga pertandingan di Grup G Piala AFC 2020. Serdadu Tridatu kini menyandang status juru kunci dengan nilai tiga, berselisih empat poin dari pemuncak klasemen sementara Ceres-Negros.

Sementara dari Jakarta dikhabar, sebagian pemain Bhayangkara FC mulai kembali berlatih bersama di Stadion Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, pada Kamis (4/6), seiring mencuatnya wacana Liga 1 kembali digelar pada Oktober.

Pemain yang berlatih bersama adalah mereka yang tak pulang ke kampung halaman atau negara masing-masing dan memilih tinggal di Jakarta saat merebaknya pandemi Covid-19. Di antaranya, Jajang Mulyana, Ruben Sanadi, Renan Silva, Herman Dzumafo, Lee Yoo-jonn, serta Lee Won-jae.

Meski berlatih bersama dengan intensitas ringan, mereka juga tetap melaksanakan pembatasan jarak fisik. Hingga saat ini, manajemen The Guardian masih meliburkan pemain sejak Maret lalu dan belum ada pengumuman kapan mereka akan kembali dipanggil. *

Komentar