nusabali

Satpol PP Antar ODGJ Telantar ke RSUD

  • www.nusabali.com-satpol-pp-antar-odgj-telantar-ke-rsud

AMLAPURA, NusaBali
Petugas Satpol PP Karangasem mengantar OGDJ (orang dengan gangguan jiwa) Ni Luh Anik, 40, dari Banjar Kebon Tumbu, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, berobat ke RSUD Karangasem, Kamis (4/6).

ODGJ lajang ini adalah yatim piatu. Selama ini mondar-mandir di jalan. Saat kumat sering gedor-gedor pintu rumah warga. Kasi Operasional Satpol PP Karangasem, I Gede Arianta Pariatna SE, turun bersama enam anggotanya setelah menerima laporan dari Babinkamtibmas Desa Tumbu Aiptu I Nyoman Pasek. Saat anggota Satpol PP tiba di rumah ODGJ tersebut, Luh Anik tampak kondisinya lemah dan tidur-tiduran di lantai. Turut ke rumah ODGJ yakni Babinkamtibmas Aiptu I Nyoman Pasek, Kelian Banjar Kebon Tumbu I Wayan Gede, bidan Puskesmas Pembantu Tumbu Erna Darmayanti, dan tiga orang anggota PSC (public safety center) Karangasem.

Saat petugas Satpol PP mengajak ke RSUD Karangasem, ODGJ Ni Nengah Anik menurut tanpa perlawanan. Dia ikut diantar oleh tetangganya, I Nengah Ada. Selanjutnya petugas di RSUD melakukan penanganan sementara. “Kami hanya mengantar sampai di RSUD Karangasem. Lebih lanjut jika perlu penanganan untuk diantar ke RSJ Bali di Bangli, petugas RSUD akan mengontak petugas Satpol PP,” ungkap I Gede Arianta. ODGJ ini sempat menjalani perawatan beberapa kali di RSJ Bangli. Saat penyakitnya kumat, warga sekitar resah.

Selanjutnya Ni Nengah Anik diantar ke RSJ Bali di Bangli sekitar pukul 14.30 Wita diantar petugas RSUD dan salah satu tetangganya, I Nengah Ada. “Saya kasihan kepada anak ini. Dia telantar dan telah lama tidak punya ayah dan ibu. Makanya selama ini saja ajak tinggal di rumah,” kata Nengah Ada. *k16

loading...

Komentar