nusabali

Atlet Puslag Gianyar Genjot Fisik Lewat Gym

  • www.nusabali.com-atlet-puslag-gianyar-genjot-fisik-lewat-gym

GIANYAR, NusaBali
Atlet Pusat Latihan Atlet Gianyar (Puslag) yang dihuni 311 atlet dari 39 cabor tetap rutin latihan fisik di gym minimal 1-2 kali seminggu.

Latihan dilakukan di sekitar kompleks GOR Kebo Iwa Gianyar. Bahkan cabor memiliki jadwal latihan fisik, sehingga tidak terlalu banyak saat di gym.


"Teknisnya latihan di gym diatur pelatih fisik. Dengan kondisi itu, atlet Puslag tetap latihan secara kontinyu," kata Sekum KONI Gianyar, Made Erawan, didampingi Ketua Umum KONI Gianyar, Pande Purwata, Kamis (4/6).

Menurut  Erawan, bahkan hal ini dilakukan sejak awal tahun 2020 dan tetap berkelanjutan, termasuk pada saat situasi pandemi Covid-19. Hal itu karena pelaksanaan Porprov masih cukup lama, sehingga porsi latihan menyesuaikan.

Menurut Erawan, latihan fisik diwajibkan rutin tiap minggu agar tetap atlet bugar. Selain itu, teknik dan skill ditingkatkan, fisik juga harus mumpuni. Makanya tetap latihan lewat gym.

"Gym ini tetap menerapkan protokol kesehatan ya. Jadi mereka tetap mengatur jarak minimal satu setengah meter lebih. Makanya, satu cabor saja bisa bergiliran atletnya melakukan gym. Dengan harapan tidak numplek begitu saja," terang Erawan.

Sebab, kata Erawan, ada satu cabor latihan di gym sampai tiga kali. Sedangkan tempat gym dibuka mulai pagi hingga malam hari. Ini agar daya tahan tubuh atlet tetap terjaga.

Sementara itu, Pande Purwata mengakui atletnya tetap menjalani gym rutin. Sebab dalam hal olahraga, gym itu diwajibkan bagi atlet. Jangan sekali menganggap remeh ini.

"Penekanan kami, baru latihan ketika ada kejuaraan. Namun ini sangat berbeda, tetap berlanjut. Baik materi teknik dan skill. Fisik lewat gym juga diwajibkan," beber Pande Purwata.

Ada tidaknya kejuaraan, kata Purwata, Puslag ini tetap jalan dan tetap menggelar latihan rutin. Dia mengibaratkan, Puslag adalah jalan mulus sebagai atlet. Jadi, atlet itu wajib memasang target mewakili Indonesia ke level internasional. *dek

Komentar