nusabali

Pura Kertajaya Siap Jalani New Normal

  • www.nusabali.com-pura-kertajaya-siap-jalani-new-normal

JAKARTA, NusaBali
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengunjungi Pura Kertajaya, kota Tangerang, provinsi Banten untuk mengecek kesiapan tempat ibadah dalam menghadapi tatanan kehidupan baru (new normal).

Menurut Ketua Yayasan Vidya Kertajaya Ketut Jono, Pura Kertajaya siap menjalani new normal. "Rabu pagi, Walikota Tangerang mengunjungi Pura untuk mengecek kesiapan tempat ibadah di masa new normal. Kami siap menjalani new normal. Tempat sembahyang juga telah diatur agar ada jaraknya," ujar Ketut Jono kepada NusaBali, Kamis (4/6).

Selain menjaga jarak satu meter, Pura juga mewajibkan umat menggunakan masker ketika sembahyang di Pura. Kemudian Pura menyiapkan tempat cuci tangan di setiap pintu masuk. Hal tersebut mendapat pujian dari Walikota, lantaran fasilitas Pura telah lengkap menghadapi new normal.

"Kami mempersiapkan tempat cuci tangan sebelum ada pandemi Covid-19 karena Pura melaksanakan Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," ucap Ketut Jono.

Ketut Jono mengatakan, pengecekan kesiapan Pura menghadapi new normal dilakukan karena adanya surat edaran Menteri Agama yang memperkenankan tempat ibadah dibuka kembali dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Selama pandemi Covid-19 sendiri umat Hindu banjar Tangerang sembahyang di kediaman masing-masing. Adanya new normal nanti, umat sudah bisa sembahyang ke Pura kembali.

Selain menerima kunjungan Walikota Tangerang, sorenya mereka menerima kunjungan PHDI Pusat yang diwakili Jro Mangku Astono. PHDI Pusat datang ke Pura Kertajaya untuk menyampaikan sumbangan masker dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN).

"Ada 1000 masker bedah yang diberikan. Kami berencana menggunakan masker itu untuk klinik kesehatan di Pura. Selebihnya kami berikan kepada umat yang praktik atau bekerja sebagai tenaga medis di rumah sakit," papar Ketut Jono. *k22

Komentar