nusabali

IODI Karangasem Gelar Lomba Dancesport Virtual

  • www.nusabali.com-iodi-karangasem-gelar-lomba-dancesport-virtual

AMLAPURA, NusaBali
Langkah terobosan dilakukan Pengkab IODI Karangasem dan Pengprov IODI Bali.

Mereka menggelar kejuaraan dancesport (dansa olahraga) secara virtual atau lewat video. Hingga kini ada 120 peserta dan batas waktu pengiriman video pada Sabtu (6/6). Karena pandemi Covid-19, lomba dikhususkan kategori solo atau tidak berpasangan.

"Kejuaraan untuk lokal Bali, dibuat IODI Karangasem. Kami di provinsi hanya membantu memfasilitasi agar kejuaraan tersebut berlangsung lancar," ucap Sekretaris Pengcab IODI Karangsem, I Gede Yudi Septian Permana, yang dibenarkan Ketua Umum Pengprov IODI Bali Ni Made Suparmi, Rabu (3/6).

Menurut Yudi Septian, dalam kondisi seperti ini harus tetap aktif berolahraga dan berlatih kontinyu untuk menjaga kondisi fisik. Kini 120 peserta sudah mengirimkan video.

"Hingga batas waktu pengiriman video ke panitia, bisa akan bertambah. Makanya kami batasi satu peserta hanya boleh turun di satu kategori. Hal itu untuk memudahkan penilaian," kata Yudi Septian.

Sementara Ni Made Suparmi menambahkan, kejuaraan ini bertema dancesport for all atau olahraga dansa untuk semua. Peserta ini akan dilihat penampilannya lewat video. Yakni lewat virtual zoom meeting.

“Akan ada Sembilan juri yang menilai dan dibantu dua orang scutiner," terang Suparmi.  Menurutnya, peserta tidak dibatasi umur dan bebas memilih turun dikategori apa saja. Namun panitia menyiapkan lima kategori khusus latin, yang gerakannya dapat dilakukan di ruangan terbatas. Hal ini juga memudahkan pembuatan video dan pihak juri memberi penilaian.

Sedangkan dasar dan tujuan kejuaraan ini, kata Yudi Septian,  karena rasa rindu akan kebersamaan di dansa dan tetap mewadahi anak-anak tetap berkreasi serta berprestasi.

"Penilaian bisa dilihat dari video, itu bisa diamati dengan jelas sesuai durasi yang ditetapkan. Artinya, penilaian dapat dari melihat langsung meskipun melalui video," kata Yudi Septian Permana.

Menurut Yudi, rencana pengumuman lomba pada 16 Juni dan live streaming di channel YouTube Dancesport For All. *dek

Komentar