nusabali

Wabup Kembang Sambangi PMI Karantina

  • www.nusabali.com-wabup-kembang-sambangi-pmi-karantina

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan menyambangi 29 pekerja migran Indonesia (PMI) yang dikarantina di Hotel Jimbarwana, Rabu (3/6).

Para PMI tersebut rencananya dipulangkan pada Kamis (4/6) hari ini. Wabup Kembang yang juga Wakil Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jembrana memberikan arahan, termasuk mengapresiasi para PMI yang dinilai sudah tertib mengikuti protokol kesehatan selama karantina.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, mengatakan awalnya terdapat 35 PMI yang menjalani karantina bersama 29 PMI di Hotel Jimbarwana. Dari hasil tes swab kedua, ada 1 orang yang dinyatakan positif Covid-19, dan kini masih dirawat di RSUD Negara. Sementara dari 34 orang lainnya yang negatif, 5 orang sudah dipulangkan sesuai akhir masa karantina 14 hari pada Selasa (2/6), dan 29 lainnya akan dipulangkan pada Kamis (4/6). “Besok (hari ini) pagi akan dipulangkan dengan diberikan surat keterangan sehat,” ujar Arisantha.

Meski sebelumnya ada 1 orang yang ditemukan positif Covid-19, Arisantha menjelaskan, tidak ada menerapkan karantina tambahan 7 hari. Hal itu karena berdasar investigasi ataupun pelacakan, tidak ada kontak erat dari PMI yang positif itu dengan PMI lainnya. Berbeda kasus, jika PMI yang positif ternyata ada kontak dengan PMI lainnya, ataupun jarang memakai masker dan kerap melanggar protokol kesehatan, barulah dinilai perlu karantina tambahan. “Intinya sesuai ketentuan, kalau sudah dua kali tes swab negatif, artinya sudah dipastikan sehat,” ujarnya.

Wabup Kembang menyatakan khusus datang untuk memberikan apresiasi kepada para PMI yang selama karantina taat dengan aturan protokol kesehatan. Wabup juga mengucapkan selamat atas tes swab terakhir yang menunjukkan hasil negatif Covid-19.

“Hal ini menandakan bahwa proses karantina sudah dijalani dengan baik dan disiplin. Kami berpesan agar tetap ikuti protokol kesehatan, meskipun besok (hari ini) sudah diperbolehkan pulang. Jadilah contoh bagi keluarga maupun masyarakat di sekitar kalian dengan tetap menjaga jarak, pakai masker serta rajin cuci tangan,” ujar Wabup Kembang.

Atas nama Pemkab maupun GTPP Covid-19 Jembrana, Wabup Kembang juga menyampaikan permaklumannya, apabila selama proses karantina ada hal yang kurang atau tidak sesuai keinginan. “Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. Mari kita sama-sama memahami keadaan,” ujar Wabup Kembang, didampingi Asisten I Sekda Jembrana I Nengah Ledang. *ode

loading...

Komentar