nusabali

Ayo, Jadi Follower Duta PPKI Bali !

Sosialisasi Kebudayaan Bali di Medsos

  • www.nusabali.com-ayo-jadi-follower-duta-ppki-bali

JAKARTA, NusaBali
Perwakilan Bali dibagian puteri pada ajang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia (PPKI) 2020 Mega Pertiwi Naulia atau biasa disapa Ega telah mensosialisasikan diri melalui media sosial (medsos).

Sosialisasi yang Ega lakukan adalah mengupload sejumlah kebudayaan Bali di instagram. "Karena tema yang saya angkat adalah pelestarian budaya di era digitalisasi. Saya beri judul The Aesthetic of Bali agar dapat mengenalkan dan mengingatkan generasi muda mengenai budaya Bali. Disana saya mengapload sejumlah kebudayaan Bali seperti tari Pendet, Legong dan Kecak beserta keterangannya," ujar Ega kepada NusaBali, Rabu (3/6).

Bahan-bahan Ega browsing dari berbagai sumber, kemudian dia terjemahkan ke dalam bahasa Inggris agar masyarakat luar negeri dapat mengetahuinya pula. Sebab target Ega tidak hanya mengenalkan kebudayaan Bali kepada kalangan muda di tanah air. Melainkan kepada dunia internasional pula.

Ega akan sosialisasi melalui medsos hingga masa karantina PPKI berlangsung. Sampai saat ini, jadwal karantina masih menanti kondisi aman dari pandemi Covid-19.

Selain melalui instagram, anak ketiga dari empat bersaudara ini akan membuat website yang berisikan kebudayaan Bali.

Ega melakukan itu, karena peranan media digital sangat penting dalam menyebarkan kebudayaan Indonesia. Melalui media digital pula akan mempercepat informasi. Terlebih kalangan anak muda saat ini lebih banyak menggunakan media digital sehingga mereka mudah mengakses informasi tersebut.

Ega berharap dengan sosialisasi melalui medsos dan membuat website akan berdampak kepada namanya dikenal oleh masyarakat sebagai perwakilan PPKI dari Bali.

Dengan begitu peluang dia memperoleh predikat Puteri Favorite maupun juara di ajang itu terwujud. Memang tidak mudah mencapainya, karena peserta lain juga melakukan hal sama.

Namun Ega tetap optimis, karena dia melihat mereka hanya sosialisasi lewat medsos. Sementara yang membuat website belum ada.

Kini perempuan yang duduk di semester VI program studi Komunikasi, angkatan 2017 di Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat ini sedang dalam tahap proses pembuatan website.

Tak ketinggalan dia informasikan kepada teman dan saudara-saudaranya terkait keikutsertaannya mengikuti PPKI.

"Guna menambah followers, saya sounding dan share ke teman-twman dan kerabat. Respon mereka sangat bagus," papar perempuan dari Tegal Belodan, desa Dauh Peken, kabupaten Tabanan ini. Nah, ingin Ega menang ? Ayo jadi  follower-nya. *k22

Komentar