nusabali

TP PKK Gianyar Salurkan Bantuan Untuk Kader PKK dan Perajin

  • www.nusabali.com-tp-pkk-gianyar-salurkan-bantuan-untuk-kader-pkk-dan-perajin

GIANYAR, NusaBali
Guna mendukung pemerintah dalam meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak Covid-19, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra menyalurkan pelbagai bantuan dari TP PKK Provinsi Bali maupun CSR dari Clean Up Tegallalang (CUT) dan Bank BPD Bali Cabang Gianyar.

Bantuan berupa paket sembako, kursi roda, masker maupun bibit tanaman, diserahkan secara simbolis oleh Ny Surya Adnyani Mahayastra kepada perwakilan TP PKK Kecamatan dan perajin di Pendopo Sekretariat Kantor TP PKK Kabupaten Gianyar, Selasa (2/6).

Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, menghadapi situasi perekonomian seperti kini, Pemkab Gianyar telah melakukan pelbagai upaya percepatan penanggulangan Covid-19. Lanjut menyiapkan skema penanganan dampak ekonomi dengan meluncurkan beberapa stimulus ekonomi. TP PKK berkontribusi dengan merefocusing dan realokasi anggaran kegiatan PKK maupun Dekranasda  Gianyar maupun dana BKK Provinsi Bali untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Bantuan itu berupa bibit tanaman Hatinya PKK, PMT dan Bumil serta masker kain untuk kader PKK.

Pada kesempatan itu, Ny Surya Adnyani Mahayastra secara simbolis menyerahkan  bantuan dari TP PKK Prov Bali berupa sembako (beras) 24,35 ton untuk 974 kader di tujuh  kecamatan. Sedangkan 1.200 perajin se-Kabupaten Gianyar juga mendapatkan bantuan alokasi bantuan 30 ton beras dan masker kain sebanyak 10.000 pcs. Masker juga diberikan pada asosiasi perajin di Gianyar. “Saya minta para camat membagikan masker ini per desa 100 masker. Agar masyarakat terbiasa menggunakan masker hingga jadi gaya hidup sehat,” tegas Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Bantuan dari dana BKK diserahkan bibit tanaman untuk Hatinya PKK 18.144 polybag berupa bibit cabai merah, terong ungu, tomat, bunga mitir, kacang panjang, jahe dan kunyit. Untuk bantuan pupuk diserahkan 1.728 kg pupuk NPK bagi KK di desa/kelurahan binaan tahun 2021, 2022 dan 2023 sebanyak 24 desa di masing-masing desa untuk 18 KK. Untuk bantuan masker kain bagi kader PKK diserahkan sebanyak 5.600 pcs dengan rincian, untuk PKK desa/kelurahan/kader posyandu dan pendamping posyandu sebanyak 4.324 pcs, untuk kader Pokja 1 (pengurus WHDI ) sebanyak 364 pcs dan untuk kader pokja II (guru PAUD) sebanyak 912 pcs.

Pada kesempatan itu, Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga menyampaikan himbauan dari Ketua TP.PKK Prov. Bali Ny Putri Koster, agar Ketua TP PKK Kecamatan dan desa tetap mendorong para kader PKK untuk tetap melaksanakan tugasnya  mensosialisasikan 10 program pokok PKK terutama program yang relevan mendukung penanggulangan dampak covid 19, seperti Hatinya PKK maupun UP2K. *lsa

Komentar