nusabali

Peduli Dampak Covid-19, Undiksha Gelar Aksi Sosial di Desa

  • www.nusabali.com-peduli-dampak-covid-19-undiksha-gelar-aksi-sosial-di-desa

Gerakan membagikan sembako di desa-desa bertujuan mengurangi beban warga terdampak.

SINGARAJA, NusaBali

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, menggelar aksi sosial terhadap warga lansia, difabel dan warga kurang mampu di Desa Banyuseri, Kecamatan Banjar, Buleleng. Aksi ini dilakukan serangkaian penanggulangan terdampak Covid-19.

Rektor Undiksha Prof Dr I Nyoman Jampel MPd di Singaraja, Selasa (2/6), menjelaskan pandemi Covid-19 telah berdampak pada masyarakat, seperti kehilangan pekerjaan dan kehilangan sumber penghasilan. Oleh sebab itu, gerakan berbagi perlu dilakukan. "Memang bantuan  ini tidak seberapa. Hanya sembako. Tetapi ini upaya Undiksha untuk meringankan beban masyarakat," katanya.

Menurut dia, dana pengadaan bantuan tersebut merupakan uluran tangan dari civitas akademika Undiksha. Supaya tepat sasaran, Undiksha bersinergi dengan Kodim 1609/Buleleng untuk memetakan dan penyaluran bantuan itu. "Bagaimana dan apa yang kami berikan ke desa sudah sesuai kajian. Kami harapkan bantuan ini agar bermanfaat, agar berguna sehingga kami harus berikan kepada yang tepat," kata Jampel.

Perbekel Desa Banyuseri Nyoman Sukadana mengapresiasi gerakan yang dilakukan Undiksha. "Dari awal kami sudah diberi wastafel, dan sembako. Artinya kepedulian Undiksha sangat luar biasa. Kalau masalah dampak Covid-19, memang sangat berdampak pada warga, terlebih yang ekonominya menengah ke bawah," ucapnya.

Selain di Desa Banyuseri, bantuan juga rencananya disalurkan untuk warga di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar maupun desa lainnya yang diawali dengan pendataan. Sebelumnya Gerakan Undiksha berbagi telah menyasar sejumlah warga yang ada di Kabupaten Buleleng. Selain itu menyumbang wastafel di sejumlah lokasi dan alat pelindung diri untuk tenaga medis.

Selain bantuan, Undiksha sebagai institusi akademik juga merancang program pasca Covid-19, di antaranya berupa bimbingan belajar bagi guru dan siswa yang mengalami keterlambatan pembelajaran akibat belum terbiasa menggunakan online learning, memberikan bantuan untuk pembangunan mental psikologis untuk, dan pendekatan sosial dalam upaya membangkitkan semangat bekerja.*ant

Komentar