nusabali

Disperindag Siap Distribusikan Puluhan Ribu Ton Beras

  • www.nusabali.com-disperindag-siap-distribusikan-puluhan-ribu-ton-beras

BANGLI, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli siap distribusikan puluhan ribu ton beras untuk para perajin di Bangli.

Sesuai rencana, masing-masing perajin mendapatkan bantuan 25 kilogram beras. Ada juga bantuan 10.000 masker untuk para perajin.   Kadis Perindag Bangli, I Wayan Gunawan, mengatakan bantuan yang disalurkan untuk perajin di Bangli merupakan bantuan dari Dekranasda Provinsi Bali. Bantuan yang disiapkan berupa beras sebanyak 20.657 ton dan 10.000 masker. Beras sebanyak 20.657 ton akan disalurkan untuk 827 orang perajin. Menurut Wayan Gunawan, jumlah perajin di Bangli sekitar 4.000 perajin. Namun karena kuota terbatas maka penerima hanya 827 orang. “Kami langsung menginformasikan ke desa-desa sehingga masuklah nama-nama perajin yang diusulkan untuk menerima bantuan. Ini murni usulan dari desa,” jelas Wayan Gunawan, Selasa (2/6).

Perajin yang menerima bantuan yang masuk dalam kategori lemah. “Tentu semua terdampak Covid-19, namun ada yang benar-benar kondisi ekonominya lemah,” ujarnya. Bantuan akan diserahkan secara simbolis pada Rabu (3/6). Dari jumlah kuota 827 orang perajin, tersebar di seluruh kecamatan. Kecamatan Kintamani 50 orang, Kecamatan Tembuku 377, Kecamatan Bangli 273 orang, dan Kecamatan Susut 227 orang. Pengrajin di Bangli kebanyakan pengrajin bambu. "Bangli potensi yang dimiliki adalah bambu dan pengrajin kita kebanyakan mengolah bambu," ungkapnya.

Wayan Gunawan mengatakan, untuk pedagang dan usaha kecil lainnya mendapatkan bantuan stimulus yang ditangani Dinas Koperasi, UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli. “Kami hanya menyalurkan bantuan dari Dekranasda," ujarnya. Diharapkan, kondisi cepat pulih dan masyarakat bisa beraktifitas normal sehingga perekonomian bisa berjalan. *esa

loading...

Komentar