nusabali

Kas Kosong, KONI Tabanan Undang Cabor

  • www.nusabali.com-kas-kosong-koni-tabanan-undang-cabor

TABANAN, NusaBali
Di tengah ketidakpastian anggaran yang diterima tahun 2020, KONI Tabanan bakal memanggil pengurus-pengurus cabang olahraga (cabor).

Tujuannya mempersiapkan geliat olahraga Tabanan menyambut new normal. "Untuk anggaran kami memang belum ada samasekali. Dan, yang kami lakukan baru sebatas memanggil pengurus cabor. Mau bagaimana ke depannya menyikapi status new normal ini," ucap Sekum KONI Tabanan, Made Nurbawa, Selasa (2/6).

Nurbawa mengakui jika tanda-tanda akan dapat anggaran dari Pemkab  Tabanan belum terlihat. Untuk itu, KONI Tabanan hanya berinisiatif sebagai inisiator saja, bukan fasilitator. "Sekarang ini KONI bukan sebagai sumber pembiayaan. Tapi, alangkah lebih baiknya kita bersiap adaptasi menuju new normal," tegas Nurbawa.

Misalnya dengan menggelar event yang skalanya kecil tanpa melibatkan orang banyak dan tetap menjaga protokol kesehatan. "Kami ingin merancang cabor tetap aktif. Dan jangan sampai vakum walau tidak ada suntikan dana dari KONI Tabanan. Tapi pastinya kami tunggu apa yang bisa kami lakukan. Makanya pemanggilan akan kami lakukan segera," papar Nurbawa.

Pemanggilan itu juga ingin menyampaikan kondisi dan fakta keuangan KONI Tabanan agar tidak ada miskomunikasi bahwa sampai bulan Juni, belum ada tanda-tanda dapat anggaran. "Pembinaan kan tidak bisa mandeg, ini yang akan kami carikan solusi bersama Pengkab cabor nantinya," tandas Nurbawa.

Karena dia paham sekali kebijakan anggaran memang selalu berubah-ubah. Dari awalnya sempat disetujui Rp 8,5 miliar sebelum pandemi Covid-19, dan akhirnya dirasionalisasi mandiri internal KONI diajukan sekitar Rp 1,5 miliar. Dan, itu pun belum ada kepastian sampai sekarang. "Ini bukan kami saja yang mengalami. KONI Bali juga  menunda uang insentif latihan atlet dan pelatih sampai tuntas di akhir tahun. Untuk itu, mari kita sadari situasi ini anggap saja force majeure," kata Nurbawa.*dek

Komentar