nusabali

Umat Mulai Kunjungi Panglukatan Tirta Empul

  • www.nusabali.com-umat-mulai-kunjungi-panglukatan-tirta-empul

GIANYAR, NusaBali
Tempat panglukatan di Pura Tirta Empul, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, kini  mulai dikunjungi umat, meski pandemi Covid-19 belum reda.

Objek wisata setempat juga belum dibuka karena wabah.  Pamangku Pura Tirta Empul Dewa Aji Mangku Wenten, Minggu (31/5), mengatakan kedatangan umat ke pura ini hampir setiap hari. Namun tidak seramai sebelum pandemi. "Serahina wenten manten, tangkil nunas ica, melukat lan nunas tirta (setiap hari ada saja yang datang sembahyang, melukat dan nunas tirta)," ujar Dewa Aji Mangku sembari memerciki tirta.

Untuk melayani pamedek yang tangkil, Dewa Aji Mangku beserta beberapa pemangku lainnya tetap siaga di pura. Termasuk sejumlah krama lanang, berjaga di areal pura dan penglukatan. Pantauan NusaBali, kedatangan kalangan keluarga ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Pada kolam panglukatan, tidak sampai terjadi antrian yang mengular. Sementara itu, pelayanan tiket yang biasanya menyediakan kamen dan selendang masih tutup. Begitupula loker bagi masyarakat yang melukat, juga masih tutup. Salah satu warga, Ni Made Karti mengaku datang untuk nunas tirta. "Sempat khawatir kalau belum dibuka, tapi ternyata diperbolehkan untuk sembahyang, melukat dan nunas tirta. Tyang lihat tidak ada wisatawan sama sekali," ujarnya. *nvi

loading...

Komentar