nusabali

DKP Garap Taman di Badung Utara

  • www.nusabali.com-dkp-garap-taman-di-badung-utara

Taman intersection di Badung Utara yang digarap DKP dilengkapi patung dengan konsep Ramayana.

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Badung siap menggarap taman intersection di Desa Plaga, Kecamatan Petang. Proyek yang diperkirakan menelan anggaran Rp 627.690.186 dan sudah masuk masa tender ini akan mulai penggarapannya dalam waktu dekat.

“Sekarang tinggal tunggu penandatanganan kontrak saja dengan pihak pelaksana proyek,” kata Kepala DKP Kabupaten Badung Putu Eka Merthawan, Senin (12/9).

Pejabat asal Sempidi, Mengwi, itu mengatakan, rancangan yang telah dibuat di taman intersection Desa Plaga, yakni pembangunan patung setinggi empat meter lengkap dengan tata lampunya. Patung yang akan dibangun bernama patung Rahwana Mandung (menggendong) Dewi Shita. Patung ini dibikin menghadap ke barat.

“Kami sengaja membangun patung dengan mengambil tokoh pewayangan kisah Ramayana,” jelas Merthawan. Meski konsepnya akan dibikin seindah mungkin, namun taman intersection di Desa Plaga  tidak dilengkapi air mancur. Hanya tata lampu, sehingga diharapkan menarik untuk dipandang.

Selain di Desa Plaga, penataan taman intersection juga akan dilakukan Desa Dauh Yeh Cani, Abiansemal. Tak jauh berbeda, taman intersection Desa Dauh Yeh Cani juga akan dilengkapi dengan patung, yang rencananya adalah Patung Rama menghadap ke utara. “Bapak bupati memang memberikan arahan agar menggunakan konsep Ramayana. Jadi apa yang akan kami bangun memiliki cerita dan makna, bukan sekadar patung,” katanya.

Untuk anggaran taman intersection Desa Dauh Yeh Cani, ungkap Merthawan, sekitar Rp. 537.200.421. Proyek ini juga hampir bersamaan waktunya dengan proyek taman intersection Desa Plaga, desa tempat asal Bupati I Nyoman Giri Prasta. Kedua proyek tersebut pun ditarget selesai akhir 2016.

Satu lagi proyek penataan taman intersection akan dibangun. Yakni di tapal batas Kabupaten Badung dengan Kabupaten Bangli di Desa Belok Sidan, Petang. * asa

Komentar