nusabali

Bantu Warga Terdampak Covid-19 Relawan BalaTama Bagikan Sembako Door to Door

  • www.nusabali.com-bantu-warga-terdampak-covid-19-relawan-balatama-bagikan-sembako-door-to-door

GIANYAR, NusaBali
Sekaa Teruna Puspa Kencana yang juga menghimpun Relawan Gotong Royong Percepatan Penanganan Covid-19 di lingkungan Banjar Tameng, Desa/Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, bersama kelian adat dan kelian dinas membagikan sembako kepada warga terdampak Covid-19, Sabtu (30/5) sore.

Relawan yang mengatasnamakan BalaTama, ‘Barisan Laskar Tameng Muda’, ini membagikan sembako secara door to door ke rumah warga. 

Koordinator Relawan BalaTama I Wayan Muliawan, mengatakan pembagian sembako ini merupakan salah satu program menghadapi pandemi Covid-19. Dengan konsep dari warga banjar, oleh warga banjar, dan untuk warga banjar. Secara teknis, awalnya dibuka dompet peduli. Ternyata antusias warga untuk berdonasi sangat tinggi. Dari dana yang terhimpun ditambah kas sekaa teruna, donasi disalurkan dalam bentuk paket sembako.

“Awalnya donasi yang terkumpul kami prioritaskan untuk warga yang sakit. Ternyata donasi kembali mengalir, selanjutnya kami menyasar para lansia Lanjut usia),” kata Muliawan. 

Namun ternyata dari program dompet peduli ini bantuan terus mengalir, sehingga cukup untuk mengadakan paket sembako —beras, telur, mie instan, minyak goreng, dan sabun mandi— bagi 110 kepala keluarga (KK). “Dalam situasi saat ini, rasanya semua sektor terdampak Covid-19. Sembako ini, meski tidak banyak setidaknya dapat menghemat pengeluaran rumah tangga,” imbuh Muliawan. 

Sementara dalam hal pencegahan penyebaran virus Corona, relawan mendirikan posko di dua tempat strategis di lingkungan banjar. “Posko kami dirikan sudah hampir dua bulan. Sejak saat itu pula, setiap orang yang masuk wilayah banjar diwajibkan menggunakan masker,” ucap Muliawan. 

Selain itu berbagai upaya juga dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, seperti penyemprotan disinfektan rutin seminggu sekali yang didukung oleh PMI Gianyar. Upaya edukasi dilakukan dengan meneruskan imbauan pemerintah untuk taat mengikuti protokol kesehatan, baik perihal Covid-19 dan merebaknya wabah demam berdarah dengue (DBD). Imbauan diperdengarkan melalui pengeras suara yang terpasang di dua posko. Juga melakukan Operasi Patuh dengan mengimbau masyarakat yang melintas di seputaran lingkungan setempat untuk selalu menggunakan masker, serta membagikan sejumlah masker yang disumbangkan oleh donatur.

“Relawan BalaTama ini juga turut mengawal alokasi bantuan dari pemerintah, baik bantuan langsung tunai maupun non tunai agar tepat sasaran,” kata Muliawan. 7 nvi

loading...

Komentar