nusabali

Ribuan Ikan Anyar Kampih di Pantai Kusamba

  • www.nusabali.com-ribuan-ikan-anyar-kampih-di-pantai-kusamba

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah terjangan ombak setinggi 6 meter pada Rabu (27/5), kini muncul fenomena alam ribuan ikan anyar kampih (terdampar) di pesisir Pantai Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, sejak Jumat (29/5) pagi.

Ikan anyar berukuran panjang sekitar 5-7 cm tersebut menjadi berkah bagi warga sekitar, karena banyak yang mengambilnya untuk dimasak. Bahkan ada yang menjual hasil tangkapan ikan anyar tersebut.

Perbekel Desa Kusamba I Nengah Semadi Adnyana, saat dihubungi pada Sabtu (30/5), mengatakan kemunculan ikan anyar itu sudah terjadi sejak Jumat (29/5) pagi sekitar pukul 10.00 Wita. Kemudian pada Sabtu kemarin, ikan sejenis kembali terdampar di pesisir, namun jumlahnya lebih sedikit. “Banyak warga sekitar dan nelayan mengambil ikan tersebut, bahkan ada yang menjualnya,” ujar Semadi Adnyana.

Menurut Semadi Adnyana, fenomena seperti ini memang sudah biasa terjadi sewaktu-waktu, dan tidak ada kaitannya dengan ombak besar yang melanda pesisir Desa Kusamba, beberapa hari sebelumnya. “Kalau nelayan menganggap ini sebagai berkah. Namun munculnya ikan ini ke pesisir hanya sebentar saja,” imbuh Semadi Adnyana.

Sebelumnya ombak setinggi 3-6 meter atau banjir rob, menerjang kawasan pesisir pantai di Kabupaten Klungkung, Rabu (27/5). Bahkan di objek wisata Pantai Devil Tears, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, hempasan ombak di batu karang hingga mencapai 8 meter. 7 wan

loading...

Komentar