nusabali

Desa dan Kelurahan di Buleleng Dapat Jatah 5 Set APD

  • www.nusabali.com-desa-dan-kelurahan-di-buleleng-dapat-jatah-5-set-apd

Perangkat alat perlindungan diri mulai hazmat hingga sepatu boots sebagai antisipasi manakala ada kejadian tak terduga terkait Covid-19.

SINGARAJA, NusaBali
Seluruh desa/kelurahan di Buleleng dijatah lima set Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng. Paket APD itu segera akan didistribusikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng. APD untuk Satgas Desa itu disebut untuk mengantisipasi penaganan potensi kasus Covid-19 yang timbul tiba-tiba di wilayahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, Jumat (29/5)  mengatakan lima set APD itu terdiri baju hazmat, sepatu boots, sarung tangan, face shield dan kacamata google. “APD ini kami siapkan untuk keamanan aparat desa dan kelurahan apabila ada kasus yang dicurigai Covid-19, termasuk warga yang meninggal tiba-tiba dan dicurigai kena Covid-19,” kata dia.

Saat ini BPBD Buleleng masih menunggu disposisi dari Bupati Buleleng untuk mengeksekusi pembagian APD ke seluruh desa dan kelurahan yang ada di Buleleng. Mantan Kadisdukcapil ini pun memastikan seluruh desa dan kelurahan mendapatkan jatah yang sama. Pendistribusian disebutnya akan dilakukan dari kecamatan paling Timur Buleleng dan bergerak ke barat hingga ke Kecamatan Gerokgak.

Selain ditujukan kepada desa dan kelurahan set APD lengkap juga rencananya akan diberikan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bertugas di seluruh wilayah Buleleng. Sehingga ketika ada kasus yang dicurigai Covid-19, aparat desa dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas tak ragu lagi mengevakuasi karena sudah terlindungi.

Sementara itu Kalak Suadnyana pun tak menutup diri jika ada desa atau kelurahan dalam perjalanannya kekurangan dan kembali memerlukan APD. “Kalau dirasa perlu dan dibutuhkan ada tambahan bisa langsung diusulkan ke kecamatan, nanti dari kecamatan yang akan meneruskan ke BPBD dan terakhir ke Gugus Tugas,” jelas dia.

BPBD hingga Jumat kemarin juga masih menyediakan disinfektan. Mengingat, setiap harinya dari desa atau kecamatan secara rutin datang untuk mengambil disinfektan, sehingga selalu disiapkan. Tak terkecuali hand sanitizer dan vitamin yang disiapkan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Setda Buleleng, dapat didapat langsung jika memang diperlukan.*k23

loading...

Komentar