nusabali

Bupati Mas Sumatri Minta KPU Irit Anggaran Pilkada

NPHD Disetujui Rp 31 M, di APBD Terpasang Rp 26 M

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-minta-kpu-irit-anggaran-pilkada

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, meminta agar KPU Karangasem irit dalam penggunaan anggaran di Pilkada Karangasem 2020, 9 Desember mendatang. Sebab anggaran minim dan sebagian dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Arahan Bupati Mas Sumatri disampaikan kepada jajaran KPU Karangasem saat beraudiensi di Ruang Kerja Bupati Karangasem Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat (29/5) pukul 11.00 Wita. Menurut Bupati Mas Sumatri, DAU (dana alokasi umum) telah ditarik, DAK (dana alokasi khusus) juga begitu. Sedangkan PAD turun drastis, terutama pajak hotel dan restoran tidak ada pemasukan, karena aktivitas pariwisata ditutup.

"Kalau memang dana yang dibutuhkan dirasa kurang, cukupkan seadanya, terpenting Pilkada Karangasem berjalan sambil tetap menjaga kesehatan," pintanya.

Pj Sekda Karangasem, IB Gede Darmawa, juga menegaskan minimnya anggaran untuk Pilkada Karangasem karena terjadi penurunan PAD secara drastis. Semua anggaran telah direfocusing. "Tolong dimaklumi, kalau dirasa masih kurang Rp 5 miliar, mudah-mudahan nanti bisa terpenuhi, tetapi saya tidak janji," jelas Darmawa.

Anggaran terbatas yang ada kata Darmawa agar penggunaannya dioptimalkan dan kegiatan bisa jalan dan menghasilkan. Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, awalnya meminta anggaran Rp 31 miliar sesuai usulan dan tertuang dalam nota NPHD (naskah perjanjian hibah daerah) sebelumnya. Namun di APBD 2020 hanya dipasang Rp 26 miliar.

Usai pertemuan Gede Krisna saat ditanya mengenai anggaran Rp 26 miliar apakah bisa dioptimalkan penggunaannya mengakui anggaran itu pas-pasan. "Banyak pengeluaran terpangkas. Misalnya tidak ada kampanye akbar, tidak ada sosialisasi melibatkan banyak warga, cukup dengan video drone sosialisasinya," katanya. 7 k16

loading...

Komentar