nusabali

Dari 46 PMI yang Baru Pulang ke Gianyar, 5 Dinyatakan Positif

  • www.nusabali.com-dari-46-pmi-yang-baru-pulang-ke-gianyar-5-dinyatakan-positif

GIANYAR, NusaBali
Gelombang kedatangan 46 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari luar negeri, 22 Mei 2020 lalu, lalu menambah jumlah kasus positif Covid-19 di Gianyar. Dari 46 PMI tersebut, 5 orang di antaranya dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil uji swab, Jumat (29/5).

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Gusti Bagus Adi Wicaksana Widhya Utama, mengatakan 5 PMI yang dinyatakan positif Corona ini berasal dari lima desa berbeda. Masaing-masing asal Desa Pejeng (Kecamatan Tampaksiring), Desa Pejeng Kawan (Kecamatan Tampaksiring), Desa Pejeng Kaja (Kecamatan Tampaksiring), Desa Batuan (Kecamatan Sukawati), dan Desa Petak (Kecamatan Gianyar).

Menurut Adi Wicaksana, kelima PMI yang dinyatakan positif Covid-19 ini baru pulang dari luar negeri, 22 Mei 2020 lalu. "Mereka tiba di Gianyar sepekan lalu dan langsung dikarantina di hotel. Kemudian, diambil swab Rabu (27/5) dan hasilnya keluar Kamis (28/5) dan dinyatakan positif," jelas Adi Wicaksana saat dikonfirmasi di Gianyar, Jumat kemarin.

Disebutkan, 5 PMI yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab ini sudah langsung dibawa ke RSUD Sanjiwani Gianyar untuk isolasi dan perawatan. Sedangkan 41 PMI lainnya yang sebelumnya pulang bersamaan, tetap dikarantina di Maxone Hotel dan Suly Resort. Kelima PMI yang positif Corona ini punya riwayat perjalanan ke Miami (Amerika Serikat), Madrid (Spanyol), dan Dubai (Uni Emirat Arab).

Dengan tambahan 5 PMI yang dinyatakan positif ini, maka total kumulatif positif Covid-19 di Gianyar kini mkencapai 33 kasus. Terbanyak berada di wilayah Kecamatan Ubud dengan 10 kasus, disusul Kecamatan Sukawati (7 kasus), Kecamatan Tampaksiring (6 kasus), Kevamnatan Blahbatuh (5 kasus), Kecamatan Gianyar (4 kasus), dan Kecamatan Tegallalang (1 kasus). Satu-satunya kawasan yang bebas Corona adalah Kecamatanh Payangan.

Gianyar menyadi daerah dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak kelima di Bali. Daerah di Bali dengan kasus terbanyak terpapar Covid-19 adalah Kabupaten Bangli yakni 89 kasus, disusul Denpasar (86 kasus), Buleleng (82 kasus), dan Badung (49 kasus). 7 nvi

Komentar