nusabali

Ratusan Koperasi Ajukan Proposal PBSU

  • www.nusabali.com-ratusan-koperasi-ajukan-proposal-pbsu

BANGLI, NusaBali
Puluhan koperasi di Bangli mengajukan Permohonan Bantuan Stimulus Usaha (PBSU) Koperasi.

Masing-masing koperasi akan mendapat bantuan dana stimulus sebesar Rp 10 juta. Ada pula koperasi yang enggan mengajukan PBSU karena persyaratan yang harus dilengkapi cukup banyak.  Kepala Bidang Pengawasan dan Kelembagaan Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, Bangli, I Wayan Pande Suarsawan, mengatakan jumlah koperasi aktif sebanyak 191 unit. Hingga Kamis (28/5), sebanyak 46 koperasi yang mengajukan bantuan dan dokumennya sudah lengkap. Tujuan PBSU untuk menjaga kelangsungan koperasi di tengah pandemi Covid-19.

Sebelum proposal dikirim ke provinsi, kabupaten melakukan verifikasi dokumen. Jika ada kekurangan, pengelola diminta untuk melengkapi. “Kami lakukan verifikasi, sesuai atau tidak kelengkapan dokumen dari masing-masing pemohon,” ungkap Pande Suarsawan, Kamis (28/5). Koperasi yang mengajukan bantuan stimulus tersebar di empat kecamatan yakni di Kecamatan Bangli sebanyak 9 koperasi, Kecamatan Kintamani 14 koperasi, Kecamatan Tembuku 10 koperasi, dan Kecamatan Susut 13 koperasi. Tidak menutup kemungkinan jumlah pemohon akan bertambah.

Pande Suarsawan mengakui banyak koperasi tidak mengajukan permohonan bantuan. Kemungkinan koperasi itu tidak terdampak atau masih tetap bisa berjalan normal di tengah pandemi Covid-19. Hanya saja Pande Suarsawan tidak berkomentar banyak saat ditanya ribetnya persyaratan PBSU. “Persyaratanya cukup ringan, seperti nomor pokok wajib pajak (NPWP),” sebutnya. Ditegaskan, bantuan stimulus dari pemerintah diperuntukkan bagi koperasi aktif. *esa

loading...

Komentar