nusabali

Positif Covid-19 di Badung Tambah 5 Kasus

  • www.nusabali.com-positif-covid-19-di-badung-tambah-5-kasus

MANGUPURA, NusaBali
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Badung terus bertambah. Data terbaru pada Kamis (28/5) kemarin, terjadi penambahan 5 kasus dari sehari sebelumnya hanya 33 kasus.

Dengan tambahan tersebut, kini total kumulatif kasus Covid-19 di Badung mencapai 38 kasus. Koordinator Bidang Pencegahan Satgas Covid-19 Kabupaten Badung I Gusti Agung Alit Naya, mengatakan tambahan 5 kasus baru berasal dari tiga wilayah, yakni 1 orang PMI (Pekerja Migran Indonesia) dari Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, 1 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dari Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, dan 3 orang OTG (Orang Tanpa Gejala) dari Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi.

"Dengan tambahan 5 kasus baru, total kasus kumulatif di Badung menjadi 38 kasus. Terdiri dari 28 PDP, 7 OTG, dan 3 PMI. Dari 5 kasus itu terdiri dari 1 PMI dari Dalung, 1 PDP dari Canggu dan 3 OTG dari Werdi Bhuwana," papar Alit Naya saat dikonfirmasi NusaBali, Kamis (28/5) petang kemarin.

Dijelaskan, 3 kasus yang terjadi di Desa Werdi Bhuwana merupakan hasil test swab pertama yang dilakukan terhadap 21 orang warga Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuwana. Sebelumnya 21 orang itu dinyatakan reaktif hasil pemeriksaan rapid test-nya yang dilakukan pada Senin (25/5) lalu. "Namun, untuk hasil swab kedua masih kita tunggu konfirmasinya," kata Alit Naya sembari menyatakan jika kasus yang di Desa Werdi Bhuwana tergolong kasus transmisi lokal.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Badung dr I Nyoman Gunarta, membenarkan adanya tambahan 5 kasus baru di Gumi Keris. "Iya, hari ini ada penambahan 5 kasus baru. Sehingga total menjadi 38 kasus secara komulatif. Dari 38 orang positif tersebut, 14 orang masih dalam perawatan dan 24 orang telah dinyatakan sembuh. Tambahan yang sembuh hari ini (kemarin) yaitu 2 OTG dari Werdi Bhuana dan 1 PDP dari  Benoa," paparnya.

Disinggung apakah 3 kasus yang di Werdi Bhuwana merupakan satu keluarga, dia membantahnya. "Bukan (satu keluarga, red), tapi dari tracing yang kita lakukan kemungkinan ada kontak erat dengan kasus sebelumnya, soalnya ini masih satu gang yang di Banjar Sayan Baleran," papar dr Gunarta.

Lebih lanjut dr Gunarta mengakui tambahan 5 kasus Covid-19 baru di Badung dinilai cukup tinggi. "Iya, ini memang tergolong tinggi tambahannya. Padahal, kami sudah berupaya maksimal memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana harus menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan menggunakan masker. Namun, tentu semua itu tidak ada gunanya kalau tidak dibarengi kesadaran dari masyarakat sendiri," kata dokter asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, Badung, ini.

Untuk itu, mantan Dirut RSD Mangusada mengimbau agar masyarakat mengikuti semua imbauan dari pemerintah dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19. "Semua pihak harus ikut terlibat, mari kita lakukan langkah nyata mulai dari diri sendiri," imbau dr Gunarta.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badung, kasus positif di Kecamatan Kuta Selatan sebanyak 11 kasus, 8 sembuh, dan 3 masih dalam perawatan. Kecamatan Kuta Utara, kasus positif 8 kasus, 6 sembuh, dan 2 masih perawatan. Kecamatan Mengwi kasus positif 16 kasus, 9 sembuh, 7 masih perawatan. Kecamatan Abiansemal, kasus positif 2 kasus, 1 sembuh, dan 1 masih perawatan. Kecamatan Petang, kasus positif 1, perawatan 1, sembuh 0. Sementara, untuk Kecamatan Kuta sejauh ini nihil kasus. *asa

loading...

Komentar