nusabali

Mal Beroperasi Terapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-mal-beroperasi-terapkan-protokol-kesehatan

JAKARTA, NusaBali
Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) menegaskan seluruh anggotanya siap beroperasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 begitu pemerintah membolehkan mal dibuka kembali dengan kondisi kenormalan baru (new normal).

Sekretaris Jenderal Hippindo Haryanto Pratantara menyebutkan seluruh tenant, mulai dari fesyen hingga makanan dan minuman (food and beverage/FnB) siap beroperasi, bahkan masyarakat nantinya bisa makan di tempat (dine in) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku. "Para ritel sendiri, seperti FnB, fesyen, hingga salon sudah mempersiapkan protokol sesuai dengan kategori masing-masing," kata Haryanto, Rabu (27/5).

Haryanto mengatakan hanya bioskop dan tempat bermain anak-anak yang belum akan dibuka, karena sektor tersebut baru akan dibuka pada skenario tatanan normal baru tahap selanjutnya.

Ia menilai bahwa seluruh tenant tentunya tidak ingin berlama-lama melakukan penutupan bisnis mereka. Hal itu karena kondisi pandemi Covid-19 ini akan berlangsung lama hingga vaksin benar-benar ditemukan dan dipasarkan secara luas. "Kalau tidak siap dari sekarang, ya kita tidak akan bisa bisnis. Suka tidak suka harus berani memberlakukan SOP protokol kesehatan tersebut karena ini akan dilakukan sampai setidaknya setahun berikutnya," kata Haryanto.

Menurut dia, seluruh mal di Indonesia khususnya Jakarta sudah mempersiapkan seluruh protokol kesehatan dan keselamatan pengunjung.  Selain pengukuran suhu terhadap pengunjung yang akan masuk mal, pengelola mal dan ritel modern juga akan memberlakukan pembatasan pengunjung agar tidak terjadi kepadatan. "Kalau sampai padat, pihak mal akan menutup dulu arus keluar masuk, sedangkan di dalam toko juga sama, kita memberikan informasi bahwa ada pembatasan di dalam. Kami semua sudah siap, termasuk di dalamnya akan ada pembatas jarak kasir, hand sanitizer dan masker," kata dia.

Sementara itu  Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey berharap rencana beroperasinya kembali 60 mal di Jakarta dengan kondisi normal baru, juga diikuti dengan jam operasional yang normal. Roy menjelaskan saat ini masih menunggu kebijakan pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta terkait petunjuk teknis resmi terhadap pembukaan kembali sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta.

"Kita berharap dapat dibuka secara normal dan wajar saja, karena kan prosedurnya sudah disepakati tetap dilakukan, baik di toko ritel maupun mal. Kita berharap pelonggaran PSBB ini selain (mal) dapat beroperasi kembali, jam operasinya dikembalikan normal dan wajar," kata Roy, Rabu (27/5).

Menurut Roy, pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Jakarta tidak hanya memberikan atmosfir baru terhadap sebagian masyarakat yang mengalami cabin fever atau kecemasan berlebihan akibat terlalu lama tinggal di rumah. Selain itu beroperasinya kembali mal tersebut juga diharapkan bisa berjalan paralel dengan bergeraknya roda perekonomian yang selama beberapa bulan terakhir sangat tertekan akibat pandemi Covid-19.

Aprindo sendiri telah mempersiapkan pada karyawan toko dan karyawan keamanan untuk membuat antrean teratur dengan jarak aman, jika terjadi kepadatan konsumen baik di dalam pusat perbelanjaan, di toko, dan saat melakukan pembayaran. "Saya kira konsumen sudah tidak membludak lagi karena masa Lebaran sudah lewat. Yang terjadi euforia di beberapa daerah karena memang saat itu menuju masa Lebaran. Sekarang kan sudah tidak ada acara lagi, tapi tetap kita memastikan physical distancing," kata Roy. *ant

Komentar