nusabali

JK Rowling Terbitkan Gratis Cerita Anak-Anak

  • www.nusabali.com-jk-rowling-terbitkan-gratis-cerita-anak-anak

Di masa pandemi Covid-19, JK Rowling merilis cerita anak-anak yang sudah disiapkan sejak sepuluh tahun silam.

DENPASAR, NusaBali.com
Siapa yang tak kenal JK Rowling? Penulis asal Inggris ini terkenal dengan kisahnya meraih kesuksesan dengan menulis seri novel Harry Potter yang terdiri dari tujuh buku, yang kemudian diadaptasi menjadi delapan film. Kini, tampaknya JK Rowling ingin melanjutkan  sebuah naskah cerita anak yang ditulisnya lebih dari sepuluh tahun yang lalu, yakni The Ickabog. 

Hal ini diumumkannya melalui akun Twitter resminya pada Selasa (26/5), yang kemudian juga menjelaskan sedikit mengenai pembuatan Ickabog melalui website resminya, jkrowling.com. Terungkap, ide untuk menulis cerita anak ini sudah ada semenjak dirinya masih menulis seri Harry Potter, yang tersimpan sebagai draft untuk kemudian diterbitkan setelah seri Harry Potter tamat. 

Namun, alih-alih JK Rowling malah rehat dari dunia perbukuan selama lima tahun dan menerbitkan novel lainnya, The Casual Vacancy, serta menggunakan nama samarannya sebagai Robert Galbraith untuk menerbitkan The Cuckoo’s Calling. “Saya selalu bermaksud menerbitkannya, namun setelah Potter yang terakhir dirilis saya menulis dua novel untuk orang dewasa dan, setelah beberapa pertimbangan memutuskan untuk menerbitkan mereka selanjutnya. Hingga saat ini, satu-satunya orang yang pernah mendengar cerita The Ickabog ini yaitu kedua anak saya yang labih muda,” cuitnya dalam utas pengumuman yang dibuatnya di Twitter.

Dalam beberapa minggu terakhir ini, JK Rowling pun menulis ulang kisah tersebut, dan memutuskan bahwa cerita ini akan dipublikasikan secara online, sehingga dapat diakses secara gratis. “Anyway, setelah beberapa minggu saya sudah melakukan sedikit penulisan ulang, dan saya sudah memutuskan untuk mempublikasikan The Ickabog secara online dan gratis, jadi anak-anak yang sedang dalam lockdown, ataupun yang kembali ke sekolah dalam situasi yang aneh dan tidak menentu ini, bisa membacanya atau dibacakan,” lanjutnya. 

Untuk itu, JK Rowling bermaksud untuk merilis dua chapter pertama yang telah dirilis pada Selasa (26/5) dan dilanjutkan dengan perilisan chapter selanjutnya setiap hari efektif yang akan brakhir pada 10 Juli 2020 mendatang. Tak hanya itu, JK Rowling juga ingin membuka kompetisi bagi anak-anak untuk membuat gambar ilustrasi cerita ini. 

“Saya ingin anak-anak untuk mengilustrasikan buku ini untuk saya. Saya akan menyarankan ide untuk gambarnya seiring waktu, namun tak seorang pun harus merasa dibatasi dengan ide saya. Biarkan imajinasimu mengalir!” katanya. 

Sejauh ini, JK Rowling pun sudah menerima beberapa ilustrasi yang dikirimkan padanya. Disebutkan oleh JK Rowling, gambar-gambar terbaik di masing-masing wilayah tempat buku ini akan dterbitkan akan dipilih untuk dimasukkan dalam buku utuh The Ickabog yang akan dirilis November 2020 mendatang. Selain itu, JK Rowling juga berharap untuk mendonasikan royalty dari hasil penjualan buku ini unttuk program atau organisasi yang membantu masyarakat terdampak langsung Covid-19. *cr74

loading...

Komentar