nusabali

PMI Pertanyakan Hasil Tes Swab

  • www.nusabali.com-pmi-pertanyakan-hasil-tes-swab

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, melepas 29 pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjalani karantina di Hotel Puri Bagus Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Rabu (27/5).

PMI yang dipulangkan itu pun mempertanyakan surat keterangan sehat dan hasil tes swab. Mereka telah menjalani tes swab namun belum tahu hasilnya. Bupati Mas Sumatri meyakinkan semua PMI yang dipulangkan telah sehat.

PMI asal Banjar Bukit Kangin, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, I Wayan Sukarata, yang menanyakan suket (surat keterangan) sehat dan hasil swab itu kepada Kadis Kesehatan, I Gusti Bagus Putra Pertama. “Kami sudah diperbolehkan pulang, tetapi belum membawa surat keterangan sehat, hasil tes swab, hanya mendapatkan suket rapid test,” ungkap Wayan Sukarata. Sebanyak 29 PMI yang karantina di Hotel Puri Bagus sudah dua kali menjalani rapid test dan sekali tes swab. Hasil rapid test negatif.

Dikatakan, hasil rapid test banyak yang tidak akurat, sehingga perlu tes swab PCR (polymerase chain reaction). Menurut Wayan Sukarata, selama menjalani karantina tidak dapat bimbingan dari instruktur senam, sehingga PMI tidak pernah olahraga pagi. Beda dengan PMI yang menjalani karantina di Villa Taman Surgawi, Banjar Ujung Tengah, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem.

Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama mengakui sempat melakukan tes swab, selain rapid test. “Hasil tes swab itu kewenangan Provinsi Bali, hasilnya belum keluar. Tetapi PMI yang menjalani karantina telah dua kali menjalani rapid test, hasilnya negatif, berarti semuanya sehat,” jelas I Gusti Bagus Putra Pertama. Sehingga Dinas Kesehatan mengeluarkan surat keterangan sehat kepada PMI. “Rapid test sudah cukup menunjukkan PMI itu sehat, karena hasilnya negatif, tidak ada reaktif. Jika ada yang meragukan setiba di kampung masing-masing agar menunjukkan surat keterangan sehat,” saran Gusti Bagus Putra Pertama.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, juga turut meyakinkan PMI. “Hasil rapid test menunjukkan negatif, berarti sehat,” tegasnya. Bahkan Perbekel Desa Bugbug, I Gede Sutedja, menegaskan selama ini jika PMI kembali ke kampungnya, tidak pernah ada aparat desa menanyakan kesehatan. Di Hotel Puri Bagus ada 80 PMI menjalani karantiina. Sebanyak 29 PMI telang dipulangkan, masih tersisa 51 PMI. Pelepasan PMI kemarin dihadiri Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Asisten III Ni Made Santikawati, Kadis Perhubungan Ida Bagus Putu Suastika, Kadis Pariwisata I Ketut Sedana Merta, Kadis Tenaga Kerja I Nyoman Suradnya, Kadis Perikanan I Ketut Artama, Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa, Camat Karangasem Cok Alit Surya Prabawa, Kapolsek Karangasem Kompol I Ketut Suartika Adnyana, dan Ketua PHRI I Wayan Kariasa. *k16

Komentar