nusabali

Palang Merah Indonesia Edukasi Cegah Covid-19 di Pasar Tegak

  • www.nusabali.com-palang-merah-indonesia-edukasi-cegah-covid-19-di-pasar-tegak

SEMARAPURA, NusaBali
Pelbagai upaya terus dilakukan komponen masyarakat untuk membebaskan Kabupaten Klungkung dari penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau Corona.

Kali ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klungkung menggelar sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebarluasan Covid-19 di Pasar Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, Rabu (27/5) pagi. Edukasi tersebut berupa ajakan dan mengingatkan para pedagang dan pengunjung pasar dalam pencegahan Covid-19. Para pedagang dan pengunjung pasar agar selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan benar, dan jaga jarak antar pengunjung pasar serta pedagang.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga Ketua PMI Kabupaten Klungkung, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan kembali memberikan edukasi bahaya corona untuk tetap melakukan pola hidup sehat, dengan cara mencuci tangan dengan benar dan mengunakan masker dengan banar. "Edukasi serta sosialisasi untuk mengimbau masyarakat baik penjual maupun pembeli di pasar agar tetap melaksanakan protokol kesehatan. Terutama pengunjung agar mencuci tangan dengan sabun dan segera membersihkan diri setelah sampai di rumah,’’ jelasnya.

Tak hanya cuci tangan, jelas Wabup Made Kasta,  membersihkan diri juga dilakukan dengan mandi dan mengganti pakaian tanpa melakukan aktivitas lainnya terlebih dahulu. ‘’Ini harus dibiasakan jika setelah datang dari pasar," ujar Wabup asal Desa Akah, Klungking ini.

Kepala Markas PMI Klungkung Ketut Winaya menambahkan kegiatan edukasi dilengkapi teknik mencuci tangan dengan benar, cek suhu tubuh, membagikan masker dan penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan seperti ini akan dilanjutkan ke semua pasar desa di Kabupaen Klungkung. Di mana pasar menjadi tempat berinteraksinya masyarakat sehari-hari sehingga masyarakat tahu akan pencegahan Covid-19. ‘’Kegiatan ini bisa membantu  dalam penanganan virus ini," ujar Winaya

Edukasi tersebut melibatkan Pukesmas Pembantu, Satgas gotong royong Desa Tegak, dan Perbekel dan staf Kantor Desa Tegak, serta pihak terkait. *wan

loading...

Komentar