nusabali

Sambung Dua Desa, Bangun Jalan 2.359 Meter

Pra TMMD ke-108 Kodim/1616 Gianyar

  • www.nusabali.com-sambung-dua-desa-bangun-jalan-2359-meter

GIANYAR, NusaBali
Jajaran Kodim 1616/Gianyar membuka akses jalan sepanjang 2.359 meter dan lebar 8 meter.

Sesuai rencana, pengerjaan jalan selama sebulan ini melalui pelaksanaan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020. Pembukaan akses jalan itu untuk menyambungkan dua desa yakni dari Banjar Singaperang, Desa Buahan Kaja, menuju Banjar Saren, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar. "Pra TMMD sangat penting dilakukan agar kami dapat menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Sehingga pencapaian TMMD ini menjadi tepat waktu dan tepat mutu," kata Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro dalam keterangan pers, Rabu.

Menurut dia, perlu dilakukan pengerjaan awal agar program TMMD ke-108 dapat tercapai sesuai rencana dalam waktu yang relatif singkat dan dengan pertimbangan medan yang cukup sulit. Adapun yang menjadi sasaran fisik lainnya yaitu pembuatan Bough Deckker dan Box Culvert serta pembuatan saluran beton sikluf dengan panjang 100 meter.

Sementara itu, Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Gede Merta Santosa mengatakan dalam pelaksanaan Pra TMMD ini tidak banyak personel TNI maupun masyarakat yang dikerahkan. Hal ini karena situasi pandemi COVID-19. Dalam pengerjaannya juga tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya selalu menggunakan masker dan jaga jarak. "Memang telah menjadi penekanan dari komando atas, terkait dengan berjalannya program TMMD selama pandemi COVID-19, namun semua protokol kesehatan dan keselamatan dalam bekerja harus dilaksanakan," kata Kasdim.

Dia mengatakan pada pelaksanaan Pra TMMD, baik masyarakat maupun personel TNI mulai merapikan gundukan tanah dan membersihkan semak belukar di sepanjang jalan yang rencananya akan dibuka.*ant

Komentar