nusabali

268 PMI Dipulangkan, 144 Masih Karantina

  • www.nusabali.com-268-pmi-dipulangkan-144-masih-karantina

NEGARA, NusaBali
Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jembrana, kembali memulangkan 19 pekerja migran Indonesia (PMI) yang telah usai menjalani karantina di dua hotel, Rabu (27/5) pagi.

Menyusul kepulangan 19 PMI itu, total sebanyak 268 PMI karantina yang telah dipulangkan. Sementara yang masih karantiana sebanyak 144 orang.


Total 19 orang PMI yang dipulangkan Rabu kemarin itu, terdiri dari 16 orang PMI di Hotel Bali Kwi, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, dan 3 orang PMI di Hotel Jati, Desa Baluk, Kecamatan Negara. Mereka diizinkan pulang ke rumah masing-masing, setelah menjalani masa  karantina 14 hari dan dinyatakan negatif berdasar dua kali tes swab.

Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan, saat melepas pemulangan PMI di Hotel Bali Kwi, mengucapkan selamat sekaligus bersyukur atas selesainya proses karantina PMI tersebut. Secara pribadi dan atas nama GTPP Covid-19 Jembrana, Wabup Kembang menyampaikan permintaan maaf, apabila selama penerimaan dan proses karantina terjadi kekurangan. “Pemerintah ingin menyelamatkan masyarakatnya. Namun dari semua usaha itu, tentu ada kekurangannya. Untuk itu, mari sama-sama memaklumi keadaan dan kondisi daerah kita. Jika ada kekurangan selama memfasilitasi, silahkan sampaikan kepada koordinator dan petugas,” ucapnya.

Wabup Kembang juga mengapresiasi jajaran petugas GTPP Covid-19 yang terlibat dalam pengawasan karantina PMI. Mulai dari tim kesehatan, surveilans, petugas keamanan yang melakukan pengawasan 24 jam, hingga satgas gotong royong di desa/kelurahan. Seluruh jajaran dinilainya telah bekerja dengan baik di tengah pandemi.

“Saya apresiasi kerja keras seluruh jajaran yang telah bekerja siang malam untuk menekan persebaran Covid-19 . Tentu sangat melelahkan. Tapi kita patut berbangga ikut ambil ambil bagian dalam peperangan menghadapi Covid-19 ini. Begitu juga para adik-adik PMI, sangat kami harapkan ikut membantu pemerintah, memberikan edukasi kepada masyarakat. Mari kita berjuang dan bekerjasama,” ujar Wabup Kembang.

Sementara itu, berdasar catatan GTPP Covid-19 Jembrana, secara kumulatif per Rabu (27/5), telah diterima kedatangan 412 PMI di Jembrana. Dari 412 PMI itu, 268 orang telah dipulangkan, termasuk salah satu PMI karantina positif Covid-19 dari Desa Perancak, Kecamatan Negara yang telah dinyatakan sembuh. Kemudian 144 PMI lainnya, masih dalam proses karantina.

Dari 144 yang masih karantina itu, terbagi 141 orang yang masih karantina di sembilan hotel, dan 3 orang positif Covid-19 yang kini dirawat di ruang isolasi RSUD Negara. Sebanyak 141 PMI dikarantina di 9 hotel, yakni, 35 orang di Hotel Jimbarwana, 13 orang di Hotel Ratu, 34 orang di Hotel Negara, 17 orang di Hotel Bali Sunset, 9 orang di Hotel Hapel, 9 orang di Hotel Jati, 8 orang di Hotel Kelapa Retreat, 8 orang di Hotel Puri Bali, dan 8 orang di Hotel Galuh. *ode

loading...

Komentar