nusabali

Tiga Hari Nihil Tambahan Positif Corona

Kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan

  • www.nusabali.com-tiga-hari-nihil-tambahan-positif-corona

Di Tabanan kini tercatat ada 1 kasus positif dan 5 PDP. Mereka dirawat di rumah sakit berbeda.

TABANAN, NusaBali
Perkembangan kasus virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tabanan membaik. Selama tiga hari berturut-turut di Tabanan nihil penambahan kasus positif Covid-19. Namun seluruh jajaran diminta tetap waspada lantaran pasien dalam pengawasan (PDP) masih lima orang.

Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Tabanan, saat ini hanya ada 1 pasien positif yang dirawat di RSUP Sanglah Denpasar. Pasien tersebut adalah anak usia 7 tahun berjenis kelamin perempuan asal Kecamatan Penebel.

Dan secara akumulasi karena tiga hari Tabanan nihil penambahan kasus, total pasien positif mencapai 17 orang, dinyatakan sembuh 16 orang, meninggal nol kasus. Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 5 orang, orang tanpa gejala (OTG) 114 orang.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan tiga hari Tabanan nihil penambahan kasus positif Covid-19. Ini tentu kabar baik, namun harus tetap waspada. “Meski nihil penambahan kasus, kita harus tetap waspada dan kami minta masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah,” kata Dian Setiawan, Rabu (27/5).

Menurut Dian Setiawan, jumlah PDP yang mencapai 5 orang sudah mendapatkan penanganan dari gugus tugas. Mereka telah menjalani karantina di rumah sakit berbeda. Sebanyak 2 orang PDP diisolasi di BRSU Tabanan, 1 orang di UPTD RS Nyitdah, 1 PDP di RSD Mangusada Kabupaten Badung, dan 1 PDP diisolasi di RSUP Sanglah Denpasar. “Jumlah PDP ini hari ini (kemarin) berkurang dari sebelumnya yang mencapai 7 orang,” imbuh Dian Setiawan.

Sementara di sisi lain agar tidak terjadi penambahan kasus positif dari pekerja migran Indonesia (PMI), gugus tugas rutin melakukan pengecekan terhadap PMI yang dikarantina secara terintegrasi. Terbaru pada Rabu pagi kemarin, sebanyak 19 PMI mengikuti swab test di Villa M yang ada di Tabanan. Dan mengenai dengan hasilnya masih menunggu.

Dian Setiawan menambahkan total jumlah PMI yang sudah dikarantina Pemkab Tabanan sebanyak 556 orang. Dari jumlah itu sebanyak 106 orang masih menjalani karantina, dan sebanyak 450 PMI sudah selesai karantina alias sudah pulang. “PMI yang masih dikarantina terus kami pantau dan cek kesehatan agar ketika selesai karantina benar-benar fit dan tidak terkontaminasi virus,” tegas Dian Setiawan. *des

Komentar