nusabali

Hotel Terancam 'Kehilangan' SDM Handal

  • www.nusabali.com-hotel-terancam-kehilangan-sdm-handal

DENPASAR,NusaBali
Fenomena perumahan karyawan seperti unpaid leave, sampai PHK mengundang ‘kekhawatiran’ kalangan manajemen hotel.

Kekhawatiran tersebut adalah terancam hilangnya SDM handal. Sedang untuk merekrut karyawan baru, butuh training dan orientasi susulan. “Ya, itu ancaman di luar biaya,” ujar Ketut Swabawa, salah seorang praktisi pariwisata dari Swaha Hospitality Management, Selasa (26/5).

Menurut Swabawa, karena pandemi Covid-9, banyak SDM pariwisata termasuk hotel beralih profesi atau menemukan bisnis baru. Diantaranya, berjualan atau menjadi pedagang. Dia merujuk fenomena maraknya pedagang rata-rata dengan mobil mewah untuk ‘warung’ berjualan. “Banyak teman kini beralih profesi jadi pedagang,” tunjuk Swabawa.

Menurut Swabawa, hal tersebut mungkin tipis pengaruhnya.Tetapi tetap merupakan tantangan jika sewaktu-waktu pariwisata Bali buka atau normal kembali. “Akan sulit mem-brainwash kalau mereka (karyawan) sudah business minded, kembali ke hospitality minded,” ujar Swabawa yang juga Wakil Ketua Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, ini.

Merekrut SDM baru, kata dia, jelas merupakan pilihan. Hanya saja butuh waktu dan biaya untuk  training dan orientasi. Sehingga, lebih baik mempertahankan SDM yang sudah ada. Apalagi merupakan SDM yang baik dan handal. “Selain itu memasukkan dan mengeluarkan karyawan kurang baik bagi citra hotel,” katanya. *k17

Komentar