nusabali

2.202 KK di Buleleng Terima BST

  • www.nusabali.com-2202-kk-di-buleleng-terima-bst

Sebanyak 2.202 KPM penerima merupakan masyarakat yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

SINGARAJA, NusaBali

Pemkab Buleleng mulai mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 2.202 KK Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Selasa (26/5) pagi. Pembagian bantuan senilai Rp 600.000/KK selama tiga bulan ini dilaksanakan secara bertahap, bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.

Pembagian BST hari pertama di tengah pandemi Covid-19 itu menyasar 201 KPM di 17 kelurahan, Kecamatan Buleleng. Sisanya akan dibagikan oleh pihak Kantor Pos di masing-masing kecamatan. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, usai membagikan BST secara simbolis mengatakan, BST ini sumber dari Pos Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Buleleng.

Sebanyak 2.202 KPM penerima merupakan masyarakat yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Mereka belum tercover bantuan pemerintah Pusat  sehingga anggaran bantuan sosial ini wajib ditanggung Pemkab Buleleng. “Pemkab Buleleng menganggarkan Rp 3 miliar untuk mengcover KPM yang belum menerima bantuan dari Pusat. Sebelumnya penerima juga sudah divalidasi dan diverifikasi oleh pemerintah desa bersangkutan,” jelas Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng ini.

Dia menambahkan selain 2.202 PKM yang sudah dibantu Pemkab Buleleng, ada 72.000 KPM lainnya sudah diakomodir oleh pemerintah Pusat dengan besaran dan jumlah bantuan yang sama.Khusus untuk penerima BST kabupaten di luar wilayah kota akan dibagikan langsung oleh PT Pos ke rumah KPM.

Selain BST, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa juga sudah terealisasi hampir seluruhnya. Dari 19.801 KPM penerima BLT Desa di Buleleng, tinggal 12 KPM belum dicairkan.

Sekda Buleleng Gede Suyasa menambahkan, adanya 12 KPM belum menerima bantuan tersebut karena beberapa alasan. 10 KPM di antaranya ditemukan tercatat ganda sebagai penerima bantuan. Dua lainnya mengundurkan diri. Karena merasa tidak pantas menerima dan memberikan kesempatan warga lain yang lebih membutuhkan. “Seluruh desa di Buleleng sudah mencairkan BLT dengan total penerima 19.801 KPM hampir seluruhnya sudah disalurkan dengan cara transparan,” jelas Suyasa.

PKM yang BLT-nya belum cair segera akan dicarikan pengganti oleh pemerintah desa yang bersangkutan dengan warga terdampak pandemi Covid-19 yang lebih layak mendapatkan bantuan.*k23

loading...

Komentar