nusabali

MGPSSR Klungkung Serahkan Sembako kepada Pamangku

  • www.nusabali.com-mgpssr-klungkung-serahkan-sembako-kepada-pamangku

SEMARAPURA, NusaBali
Wabah Covid-19 atau Corona telah memberikan dampak terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk di bidang ekonomi.

Guna membantu masyarakat di bidang ekonomi, Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Klungkung menggalang bantuan dana dari para donatur. Penggalangan dana sejak April 2020 untuk pengadaan paket sembako dibagikan kepada warga terdampak wabah, Minggu (24/5). "Bantuan paket sembako pada tahap pertama ini menyasar para pamangku yang aktif ngayah di MGPSSR Kabupaten Klungkung atau di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana di Pundukdawa," ujar Ketua MGPSSR Klungkung I Wayan Sudiarsa, Selasa (26/5).

90 paket sembako dibagikan kepada pamangku di Kecamatan Klungkung, Banjarangkan, dan Dawan. Pembagian dilakukan oleh Pengurus MGPSSR Kabupaten Klungkung, disaksikan Pengurus MGPSSR masing-masing kecamatan serta pengurus Paiketan Pamangku MGPSSR Kabupaten Klungkung. "Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, pembagiannya tetap mematuhi protokol kesehatan,  seperti menjaga jarak, mencuci tangan, pakai masker," ujar Sudiarsa.

Pembagian pada pagi hari untuk Kecamatan Klungkung dan siang hari untuk Kecamatan Banjarangkan, dilaksanakan di Sekretariat Sementara MGPSSR Kabupaten Klungkung, Banjar Losan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan. Untuk Kecamatan Dawan dibagikan pada sore hari di Sekretariat MGPSSR Kabupaten Klungkung di Kanista Mandala, Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana di Pundukdawa. “Punia paket sembako ini berasal dari donatur para semeton dan Ida Nak Lingsir sebagai wujud guyub masemeton. Juga ada bantuan paket sembako dari BPD Bali Cabang Klungkung 20 paket. Semoga dapat membantu para panglingsir yang terdampak pandemi Covid-19," ujar Sudiarsa.

Sudiarsa mengingatkan kembali para pemangku untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Lebih lanjut Sudiarsa menjelaskan, paket sembako  untuk Kecamatan Nusa Penida telah disiapkan. Teknis pembagiannya masih berkoordinasi dengan pengurus MGPSSR Kecamatan Nusa Penida.

Sebelumnya,  MGPSSR Kabupaten Klungkung dengan didukung oleh Jagabaya Pasek MGPSSR Klungkung telah mengadakan penyemprotan disinfektan seminggu sekali ke griya-griya Ida Nak Lingsir disertai ngaturang masker, hand sanitizer serta Rsi Bhojana berupa paket sembako.

Lebih lanjut, Sudiarsa menjelaskan rencana pelaksanaan Pitra Yadnya Kinembulan akan digelar Juli 2020.  “Kami masih menunggu perkembangan wabah ini. Karena yadnya kinembulan sulit untuk menghindari keramaian," paparnya.

Sebagai alternatif, Sudiarsa memaparkan program Puspa (Paket Upacara Setempat). Bila ada kematian, MGPSSR Klungkung siap memfasilitasi umat untuk menyelenggarakan Pitra Yadnya dengan biaya Rp15 juta. *wan

loading...

Komentar