nusabali

Kadin Laksanakan Dua Program Kemanusiaan

  • www.nusabali.com-kadin-laksanakan-dua-program-kemanusiaan

JAKARTA, NusaBali
Dalam kurun waktu April hingga Mei 2020 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia telah melaksanakan 2 program kemanusiaan untuk membantu penanganan Covid-19.

Kedua program tersebut yakni pemberian alat bantu kesehatan bagi garda terdepan atau tenaga medis dan Program Ayo Saling Peduli berupa pemberian paket sembako kepada masyarakat. Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan selain untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, program Ayo Saling Peduli juga dilaksanakan untuk menghidupkan kegiatan ekonomi dengan melibatkan partisipasi UMKM untuk pengadaan dan pengiriman paket sembako kepada orang yang membutuhkan.

"Program pemberian sembako yang melibatkan partisipasi masyarakat telah membangun kepedulian untuk membantu orang-orang di sekitar mereka. Program seperti ini dapat menjadi gerakan sosial, sehingga pada akhirnya akan memperkuat rasa gotong royong dan bersatu melawan Covid-19," kata Rosan di Jakarta, Sabtu (23/5).

Selama pelaksanaan program dari 17 April--14 Mei 2020 total paket sembako yang dikirimkan hampir ke 34 provinsi di Indonesia mencapai 5.966 paket. Penerima bantuan mencakup kaum dhuafa, pekerja informal, mereka yang kehilangan pekerjaan (korban PHK), hingga nelayan di Pamekasan dan Lamongan.

Sementara itu Program Pemberian Bantuan Alat Kesehatan yang diberikan melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Kadin bersama Yayasan Tzu Chi telah menyalurkannya ke rumah sakit di seluruh Indonesia. Selain itu Tzu Chi bersama kantor penghubungnya juga telah menyalurkan bantuan kepada 166 institusi dan 829 rumah sakit dan puskesmas yang tersebar di Jabodetabek dan 25 provinsi lainnya di Indonesia.

Menurut data pemberian bantuan sampai dengan 21 Mei 2020, bantuan yang telah disalurkan antara lain 2.323.300 surgical mask, 40.080 masker N 95, 1.000.000 Covid rapid test, 70.527 APD Set (baju pelindung / Coverall Hazmat ), 115 ventilator, 11.840 liter cairan disinfektan, dan 1.631 disinfektan sprayer.

"Semoga momen Lebaran kali ini memberi hikmah kemenangan yang hakiki, karena kita tidak hanya menang menahan hawa nafsu, menahan lapar, menahan ego tetapi bisa menjalankan ibadah lebih khusyuk, membentuk kita menjadi pribadi yang lebih sabar, disiplin untuk menjaga kesehatan agar tidak tertular wabah Covid-19 dan tidak menulari orang-orang di sekitar kita," kata dia.*ant

Komentar