nusabali

Tabanan Siapkan BTT Rp 39 M untuk Penanganan Covid-19

  • www.nusabali.com-tabanan-siapkan-btt-rp-39-m-untuk-penanganan-covid-19

TABANAN, NusaBali
Untuk penanganan Covid-19, Pemkab Tabanan menyiapkan dana belanja tak terduga (BTT) sebesar Rp 39 miliar.

Realisasi dari anggaran tersebut baru terserap sekitar Rp 5,3 miliar. Sebanyak Rp 3,3 miliar digunakan oleh BPBD Tabanan dan Rp 2 miliar digunakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tabanan.

Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja, menjelaskan selama ini Pemkab Tabanan dalam menangani Covid-19 menggunakan anggaran belanja tak terduga. Anggaran yang disiapkan Rp 39 miliar itu baru terealiasi sebagian.

Dari jumlah itu sudah diplot ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebesar Rp 3,3 miliar, digunakan untuk kebutuhan awal percepatan penanganan Covid-19 di Tabanan. Di antaranya pembelian alat pelindung diri (APD), pembelian disinfektan, dan penanganan pekerja migran Indonesia (PMI) asal Tabanan melalui karantina terintegrasi. “Namun dana yang diplotkan ke BPBD per 1 April 2020, sudah habis,” ungkap Wiratmaja, Senin (25/5).

Dikatakannya, selain sudah diplot ke BPBD, dana juga sudah dialokasikan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) sebesar Rp 2 miliar. Dana diplot sesuai dengan pengajuan Disnakertrans yang digunakan untuk penanganan PMI. Penggunaan dana itu akan dihitung sampai Desember 2020.

“Sebenarnya tidak bisa dipastikan sampai bulan apa, karena kami juga tidak tahu persisnya jumlah PMI yang akan datang. Rancangan biaya bisa saja diusulkan kembali sesuai situasi,” tegas Wiratmaja.

Wiratmaja pun berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan kembali bisa beraktifitas normal. Selain itu dengan kerja keras yang telah dilakukan jajaran Gugus Tugas kabupaten dan dukungan warga Tabanan ikut bersama-sama mencegah penyebaran wabah virus, diharapkan kondisi kembali membaik dan stabil. “Kami harapkan masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah, untuk memutus penyebaran Covid-19,” tandasnya. *des

loading...

Komentar